PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN E-MONEY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA UMKM : PENDEKATAN MODEL TAM

Penulis

  • Nasrullah Dali Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Aswati Universitas Halu Oleo
  • Fiskal Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/jak.v8i2.99

Kata Kunci:

Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, E-Money, Kinerja Keuangan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh persepsi kegunaan dan kemudahan penggunaan e-money terhada kinerja keuangan UMKM di Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling yang berjumlah 65 sampel pada UMKM di bidang kuliner yang ada di Kota Kendari. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi spss versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi kegunaan e-money berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM khususnya sektor kuliner di Kota Kendari. (2) persepsi kemudahan penggunaan e-money berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM khususnya sektor kuliner di Kota Kendari. (3) persepsi kegunaan dan kemudahan penggunaan e-money terhadap kinerja keuangan UMKM khususnya sektor kuliner di Kota Kendari.

Referensi

Adi, A, K, 2022. Analisis pengaruh penerapan e-money terhadap kinerja keuangan pada UMKM di era new normal dengan pendekatan model technology acceptance model (studi kasus opada UMKM sektor perdagangan di malang)

Balqis, 2022. Pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi manfaat penggunaan e-money terhadap tingkat penjualan UMKM (studi kasus pada UMKM sektor fashion di kota malang)

Bank for International Settlements. 1996. Implications for central banks of the development of electronic money. Basle, October. http://www.bis.org/.

Davis, F. D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. JSTOR.13(3). 319–340.

Hasanah, D. W. 2020.. Factor affecting the use of e-money (study on e-money user in city of south tangerang). jurnal accountability. 36-45.

Lestari, D. A., Purnamasari, E. D., dan Setiawan, B. 2020. Pengaruh Payment Gateway terhadap Kinerja Keuangan UMKM. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 1(1), 1–10.

Noorman, L. H. 2018. UMKM (usaha mikro, kecil, & menengah) & Bentuk-bentuk usaha. jawa tengah: UNISSULA PRESS.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sutrisno. 2007. Manajemen Keuangan: Teori. Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia. Meuthia, R. F., Ananto, R. P., dan Afni, Z. 2020. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Minat UMKM terhadap Penggunaan Uang Elektronik di Kota Padang. Jurnal Akuntansi dan Manajemen. 15(1). 2657-1080.

Jubaedah Siti., dan Destiana Rina. 2016. Kinerja Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Cirebon Sebelum dan Sesudah Mendapatkan Pembiayaan Syariah. Jurnal Riset Keuangan Dan Akuntansi. 2(2). 93–103.

Malik, Dusep., dan Aulia, Anisa. (2022). Selama Pandemi UMKM Beradaptasi Cepat di Sistem Digital Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Rabu, 2 Februari 2022

- 20:46 WIB Judul Artikel : Selama Pandemi UMKM Beradaptasi Cepat di Sistem Digital Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita. https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1445901-selama-pandemiumkmberadaptasi-cepat- di-sistem-digital

Saputri, Oktiviana Banda. 2020. Preferensi konsumen dalam menggunakan quick response code Indonesian standard (QRIS) sebagai alat pembayaran digital. Journal FEB UNMUL Vol. 17 No. 2.

Utami, S. S., dan Kusumawati, B. 2017. Fakto-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Money (Studi pada Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta). Jurnal Balance. XIV(2). 29–41.

Basri¸ A. F. M., dan Rivai¸ V. 2005. Performance appraisal. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.

Diterbitkan

2023-10-27

Terbitan

Bagian

Articles