PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPUTUSAN INVESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Penulis

  • Emillia Nurdin Jurusan Akuntansi FEB, UHO
  • Ika Maya Sari Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Asriani Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/jak.v8i2.97

Kata Kunci:

Struktur Kepemilikan Institusional, Keputusan Investasi, Nilai Perusahaan

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai Pengaruh Struktur Kepemilikan Institusional terhadap Nilai Perusahaan, dengan Keputusan Investasi sebagai Variabel Intervening, pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah 153 perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2018-2020. Sampel penelitian diambil dengan metode purposive sampling, menghasilkan sampel sebanyak 48 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur kepemilikan institusional berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan investasi, keputusan investasi berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, struktur kepemilikan institusional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, dan keputusan investasi tidak berpengaruh secara langsung pada hubungan antara struktur kepemilikan institusional dan nilai perusahaan.

Referensi

Andri Veno. 2015. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Go Public (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI 2011 Sampai 2013). BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 19, Nomor 1, hlm 95-112.

Brealey & Myers, Richard A, Stewart C. Myers, dan Alan J. Marcus. 2000. Dasar-dasar ManajemenKeuangan Perusahaan. Jilid 1. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Connelly, B. L., Certo, S. T., Ireland, D., Reutzel, C. R. 2011. Signaling Theory: A Review andAssessment. Journal of Management, Vol. 37: 39-67.

Gudono. 2014. Teori Organisasi.Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Hidayat, Riskin. 2010. Keputusan Investasi dan Financial Contraints: Studi Empiris pada Bursa Efek Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan. 457-479.

Hermuningsih, Sri dan Wardani, Dwi Kusuma. 2009. Faktor-faktor yang mempengaruhi Nilai Perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Malaysia dan Bursa Efek Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis Volume 13 No 2 Hal : 173-183

Jensen, M., dan W. Meckling. 1976. Theory of The Firm: Managerial Behavior, Agency Cost, and Ownership Structure. Journal of Financial Economics 3: 305-360.

Lihan, Puspo Wijaya Rini, Bandi., Wibawa Anas. 2010. “Implikasi Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebiajakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan” Jurnal Simposium NasionalAkuntansi XIII Purwokerto.

Myers, Stewart C. 1977. Interactions of Corporate Financing and Investment Decisions Implications for Capital Budgeting: Reply. The Journal of Finance. 32(1): 218-220.

Nurhabibah. 2020. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Dividen, Struktur Aset, Profitabilitas, dan Harga Saham Terhadap Keputusan Investasi Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI. Skripsi Thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Prastowo, Dwi, dan Juliaty R. 2005. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Kedua. Yogyakarta: UUP AMP YKPN.

Pujiati, Diyah dan Erman Widanar. 2007. “Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan: Keputusan Keuangan Sebagai Variabel Intervening”. Jurnal Perbanas, pp. 1-24

Pujiati. 2015. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, dan Kesempatan Investasi Terhadap Kebijakan Dividen Dengan Likuiditas Sebagai Veriabel Pemodersi (Studi Empris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI Periode 2008-2013. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Restu dan Tyas Pramesti (2017). Pengaruh Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial Terhadap Manajemen Laba. Jurnal. Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru – Pekanbaru. Riau

Sekaran, Uma & Roger Bougie, 2013, Research Method For Business Sixth Edition, Jakarta : Salemba Empat.

Wahyuni, Ni Kadek Sinarwati. 2015. Pengaruh Intellctual capital, Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Studi Kasus Pada perusahaan BUMN yang Terdaftar Di BEI Pada Tahun 2011-2013. Vol. 3 no.1 tahun 2015.

Wahidahwati. 2002. Kepemilikan Manajerial dan Agency Conflicts: Analisis Persamaan Simultan Non Linier dari Kepemilikan Manajerial, Penerimaan Resiko (Risk Taking), Kebijakan Utang dan Kebijakan Dividen. Simposium Nasional Akuntansi V Semarang, 601-615.

Yuliani. 2013. Implikasi Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Real Estate and Property Di Bursa Efek Indonesia: Faktor-faktor Resiko dan Rasio Likuiditas Sebagai Variabel Intervening. Fakultas Ekonomi Unsri

www.idx.co.id

Diterbitkan

2023-10-27

Terbitan

Bagian

Articles