Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Bukti Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia)

Penulis

  • Intihanah Universitas Halu Oleo
  • Satira Yusuf Universitas Halu Oleo
  • Lilistiani Putri Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/jak.v8i2.96

Kata Kunci:

Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Sektor Pertambangan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2018-2021. Indeks Corporate Social Responsibility mengikuti pedoman dari Global Reporting Initiative (GRI)-G4. Tobin’s Q digunakan sebagai proksi untuk nilai perusahaan. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regrsi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pergaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan pengungkapan Corporate Social Responsibility masih jauh dari total komponen dalam standar GRI-G4 dan CSR belum ditangkap sebagai sesuatu yang perlu dilakukan secara wajib.

Referensi

Ayem, J. Sri, Jaimatun, Nikmah. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi, 1(2), 138-149. Diakses 23 Januari 2022.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Universitas Diponegoro. [https://www.idx.ac.id]

Hadi, Nor. (2018). Corporate Social Responsibility (Edisi 2). Yogyakarta: Expert.

Hardianto, M. L. (2013). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR dan GCG sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi Universitas Diponegoro, 1-76. Diakses 9 Maret 2022.

Iqbal, Muhammad, dan Putra Rio Johan. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Perencanaan Pajak sebagai Variabel Moderating. Media Studi Ekonomi, 21(1), 1-9. [http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/MSE/article/viewFile/1232/844] Diakses 20 November 2021.

Jovita, S. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batu Bara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-201. 21(2). [http://eprints.stiei-kayutangi-bjm.ac.id/1293/]. Diakses 24 November 2021.

Jumadiah, Manfarisyah, Marlia Sastro, Herniwati. (2018). Penerapan Prinsip Corporate Social Responsibility di Provinsi Aceh. Aceh: Unimal Press.

Junardi. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. 4(2). Diakses 10 Januari 2022.

Martin, Rafael, Winwin Yadiati, Arie Pratama. (2018). CSR Disclosure and Company Financial Performance: Do High and Low–Profile Industry Moderate the Result? Indonesian Journal of Sustainability Accounting and Management, 2(1), 15-24. Diakses 20 Oktober 2022.

Putri, H.C.M, dan S. Raharja. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderating, Diponegoro Journal of Accounting, 2(3), 1-5. Diakses 23 Maret 2022.

Rachman, N. A. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi. Warta Dharmawangsa, 14(3), 508–521. [https://doi.org/10.46576/wdw.v14i3.832]

Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang No 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007. Tentang Perseroan Terbatas. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Rustiarini, Ni Wayan. (2010). Pengaruh Corporate Governance pada Hubungan Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto 2010. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Setianingrum, Wahyuning Ambar. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013). Universitas Negeri Semarang.

Sultoni, Hamim Mohammad. (2020). Corporate Social Responsibility (Kajian Korelasi Program CSR terhadap Citra Perusahaan). Duta Media Publishing.

Suryati, Alfonsia, Klofilda, Agus Wahyudi Selasa, Gama, dan Ni Putu Yeni Astiti. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016). Forum Manajemen, 17(2), 111-121. Diakses 23 Januari 2022.

Sutopoyudo. (2009). Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas Perusahaan. Sutopoyudo's Weblog at [http://www.wordpress.com]. Diakses 5 Desember 2021.

[https://www.idcx.co.id]

Diterbitkan

2023-10-27

Terbitan

Bagian

Articles