PENGARUH MOTIVASI DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HALU OLEO
Keywords:
Motivasi, Literasi Keuangan, Minat Berinvestasi, Pasar ModalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi dan literasi keuangan terhadap minat berinvestasi di pasar modal. Penelitian ini menggunakan pengambilan sampel dengan metode sensus yang berjumlah 64 sampel mahasiswa yang terdaftar sebagai investor di Galeri Investasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu oleo. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi dan uji-f dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi di pasar modal pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo. (2) literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi di pasar modal pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo. (3) motivasi dan literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi di pasar modal pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo.
References
Ariani, S. (2015). Pengaruh literasi keuangan, locus of control, dan etnis terhadap pengambilan keputusan investasi (Doctoral dissertation, STIE PERBANAS SURABAYA).
Audriene, Dinda. (2016). BEI Bidik Mahasiswa Sebagai Investor Saham Baru. https://www.cnnindonesia.com (online). Diakses 4 Oktober 2021
Erika, C. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Motivasi, Literasi Keuangan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Investasi Saham di Pasar Modal pada Mahasiswa Strata-1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.
Hasibuan, S. R. (2018). Minat Investasi Mahasiswa Untuk Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus di Galeri Investasi Syariah UIN Sumatera Utara Periode 2017-2018) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan).
Hussain, I., & Sajjad, S. (2016). Significance of financial literacy and its implications: A discussion. Journal of Business Strategies, 10(2), 141.
Indonesia Central Securities Depository. (2021). Statistik Pasar Modal Indonesia September 2021. https://www.ksei.co.id. Diakses 4 Oktober 2021
Kismono, G. (2011). Bisnis Pengantar, Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Musyafir, F. (2022). Selama 2021 Innvestor Saham di Sultra Bertambah 118 persen. https://rri.co.id/kendari/ekonomi (online). Diakses 25 Januari 2022.
Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Literasi Keuangan. https://www.ojk.go.id (online). Diakses 7 Oktober 2021
Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019. https://www.ojk.go.id. Diakses 4 Oktober 2021
Ramli, K. (2011). Skala Pengukuran dan Instrumen Penelitian. http://kamriantiramli.wordpress.com (online). Diakses 15 Oktober 2021
Pangestika, T., & Rusliati, E. (2019). Literasi dan efikasi keuangan terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 12(1), 37-42.
Samsul, M. (2006). Pasar modal dan manajemen portofolio.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Suharmin, I. 2021. Jumlah Investor Saham di SulTra Meningkat 77 persen, Tiga Daerah Ini Juaranya. https://zonasultra.com (online). Diakses 25 Januari 2022.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi.
Supriyono, R. A. (2018). Akuntansi Keperilakuan. UGM PRESS.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Akuntansi dan Keuangan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.