ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PEMBERIAN KREDIT MULTIGUNA SEBAGAI SALAH SATU UPAYA MEMINIMALISIR KREDIT BERMASALAH (STUDI PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH SULAWESI TENGGARA CABANG UTAMA)

Authors

  • Nitri Mirosea Universitas Halu Oleo
  • Yuli Lestari Labangu Universitas Halu Oleo
  • Ersa Mayora Putri Amalia Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/jak.v8i1.70

Keywords:

Kredit Bermasalah, Kredit Multiguna, Sistem Akuntansi

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan sistem akuntansi pemberian kredit multi guna yang diterapkan di PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara Cabang Utama. Informan dalam hal ini pegawai bagian kredit pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara Cabang Utama dan nasabah/debitur kredit multiguna. Data primer yang digunakan dapat berupa informasi tentang perusahaan. Metode Pengumpulan data ialah Wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan sistem akuntansi pemberian kredit multi guna pada Bank Sultra Cabang Utama sebagai salah satu upaya meminimalisir kredit bermasalah telah terlaksana dengan cukup baik. Hal itu dapat dilihat dari petugas yang terlibat sangat kompeten dan dapat dipercaya. Serta pengetahuan dan kemampuan yang dibangun dari program-program yang telah dijalankan mulai dari perekrutan pegawai hingga evaluasi kinerja setiap harinya oleh ketua bidang.

Author Biography

Nitri Mirosea, Universitas Halu Oleo

Jurusan Akutansi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Halu Oleo

References

Sa'adah, A. D. A. (2015). Analisis Sistem Pemberian Kredit Multiguna Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Kredit . PT. Bank Jatim Tbk Cabang Lamongan. Jurnal Akuntansi. analisis sistem dan prosedur pemberian kredit multiguna dalam upaya meningkatkan pengendalian kredit - pdf free download (adoc.pub)

Lestari, D. P. D. T. (2013). Analisis Sistem dan Prosedur Pemberian Kredit Multiguna Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Kredit. PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Madiun. Jurnal Manajemen. analisis sistem dan prosedur pemberian kredit multiguna dalam upaya meningkatkan pengendalian kredit (studi pada pt. bank pembangunan daerah jawa timur cabang madiun) - neliti

Hariesti, N. G. (2019). Analisis Sistem dan Prosedur Pemberian Kredit Multiguna Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Kredit . PT. Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Singaraja. Jurnal Manajemen. article.php (kemdikbud.go.id)

Sari, M. H., Justawan, H. N. (2017). Analisis Performing Loan (Kredit Bermasalah) Terhadap Pemberian Kredit. Bank Sulawesi Tenggara (SULTRA). Jurnal Akuntansi. article.php (kemdikbud.go.id)

Hani, N. (2018). Analisis Pengambilan Keputusan Dalam Rangka Pemberian Kredit Multiguna Terhadap Pegawai Negeri Sipil. PT. Bank Sultra Cabang Utama Kendari. Jurnal Administrasi Bisnis. analisis pengambilan keputusan dalam rangka pemberian kredit multiguna terhadap pegawai negeri sipil (studi pada pt. bank sultra cabang utama kendari) (researchgate.net)

Yolla, A. (2019). Analisis Prosedur Pemberian Kredit Multu Guna (KMG) Pada PT. Bank SUMUT Kantor Cabang Sukaramai. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, diakses pada tanggal 8 November 2022 dari http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6805

Oktaviani, I. (2014). Prosedur Pemberian Kredit Multi Guna (KMG) Terhadap Golongan Penghasilan Tetap Studi Kasus PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) tbk. Cabang Bogor Dewi Sartika. Skripsi Manajemen Studi Keuangan dan Perbankan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan Bogor, diakses pada tanggal 8 November 2022 dari https://media.neliti.com/media/publications/296890-prosedur-pemberian-kredit-multi-guna-kmg-4c4eaa2f.pdf

Argitasari, N. (2013). Analisis Sistem Akuntansi Pengajuan, Pemberian, Dan Penerimaan Kas Atas Angsuran Kredit Multiguna Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Internal. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 5. No. 1. Hal. 1-10. Malang : Universitas Brawijaya. article.php (kemdikbud.go.id)

(UU) 1998. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Bank Peraturan Bank Indonesia Nomor 12/11/DPNP Tanggal 31 Maret 2010 Bank Sultra. “Kredit Multiguna”, diakses pada tanggal 15 Oktober 2022 dari Bank Sultra - Kredit Multiguna Bank Sultra, “Profil Bank Jatim”, diakses pada tanggal 16 Oktober 2022 dari Bank Sultra

Downloads

Published

2023-02-16

Issue

Section

Articles