PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENDAPATAN HOTEL CLARO KENDARI

Authors

  • Husin Husin Universitas Halu Oleo
  • Yuli Lestari Labangu Universitas Halu Oleo
  • Sitti Sartika Universitas Halu Oleo

Keywords:

Biaya Promosi, Hotel, Pendapatan, Permintaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Biaya promosi terhadap pendapatan Hotel Claro Kendari. Pada penelitian ini metode yang akan digunakan yaitu kuantitatif kausal, yaitu penelitian yang menggambarkan suatu generalisasi atau menjelaskan hubungan sebab-akibat, yang dilakukan di Hotel Claro Kendari pada bulan Januari 2022 – Februari 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 36 sampel. Analisis data menggunakan SPSS dengan uji regresi linier sederhana.Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Berdasarkan hasil analisis linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat  pengaruh yang positif dan signifikan biaya promosi terhadap pendapatan dengan besar pengaruh sebesar 54,7% .

References

Armana, M. A., Kirya, I. K., & Suwendra, I. W. (2015). Pengaruh Biaya Promosi Dan Tarif Kamar Terhadap Pendapatan Hotel Damai Di Singaraja Tahun 2013. Jurnal Manajemen Indonesia, 3(1).

Bahri, S. (2016). Pengantar Akuntansi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Diana, A., & Setiawati, L. (2017). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Terbaru. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Dunia, F. A ., & Wasilah. (2018). Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1. Yogyakarta: Center For Academic Publishing Services.

Hutagalung & Hermawan, D. (2018). Membangun Inovasi Pemerintah Daerah. Yogyakarta: Deepublish.

Kieso dan Weygandt. (2011). Intermediate Accounting edisi tahun 2011. Jakarta: Erlangga.

Machfordz, M. (2007). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta : Andi Offset

Mano, P. E., Oktalina, G., & Manullang, R. R. (2019). Pengaruh Biaya Promosi Dan Tarif Kamar Terhadap Pendapatan Hotel Novilla Boutique & Resort, Sungailiat Bangka (Studi Kasus Pada Hotel Novilla, sungailiat Periode 2014-2018). Jurnal Akuntansi Bisnis & Keuangan, 7(3), 102-109.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya, Edisi 5. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Sakdiyah, S.(2018). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada Sulthan Hotel Internasional Banda Aceh. Jurnal Sain Ekonomi dan Edukasi (JSEE), 6(2).

Salman, K. R. (2016). Akuntansi Biaya. Edisi 2. Jakarta: Indeks

Sambodo, A., & Bagyono. (2006). Dasar-dasar Kantor Depan Hotel. Yogyakarta: Andi.

Silaen, S. (2018). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bandung: In Media.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sujarweni, W. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha ilmu

Swastha, B., & Irawan. (2011). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2022-11-01

Issue

Section

Articles