PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus pada Dinas Perikanan Kabupaten Konawe)

Authors

  • Nasrullah Dali Universitas Halu Oleo
  • Husin Universitas Halu Oleo
  • Adi Etya Prima Haq Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/jak.v8i1.69

Keywords:

Pengendalian Internal, Kinerja Pegawai, Kualitas Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengendalian internal terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perikanan Kabupaten Konawe. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode sampling jenuh yang semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel yaitu 40 pegawai. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana menggunakan aplikasi SPSS versi 24 dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai yang artinya dengan adanya pengendalian internal yang baik pada Dinas Perikanan Kabupaten Konawe maka akan semakin baik juga kinerja pegawai yang ada pada Dinas Perikanan Kabupaten Konawe.

References

Andayani, jI., j& jTirtayasa, jS. j2019. jPengaruh jKepemimpinan jBudaya jOrganisasi jdan jMotivasi jTerhadap jKinerja jPegawai. jJurnal jIlmiah jMagister jManajemen.

COSO, 2013. Internal Control - Integrated Framework: Executive Summary, Durham, North California, May 2013.

Ghozali, jImam. j2016. jAplikasi janalisis jmultivariate jdengan jprogram jIBM jSPSS j25. jSemarang: jDiponegoro jUniversity jPublishing jAgency

Hery. j2016. jAkuntansi jDasar j1 j& j2. jJakarta: jGrasindo.

Mangkunegara, jAnwar jPrabu. j2017. jManajemen jSumber jDaya jManusia. jBandung: jPT. jRemaja jRosda jKarya.

Moeheriono, jM. j2014. jPengukuran jKinerja jBerbasis jKompetensi j(Revisi). jJakarta: jPT jRaja jGrafindo jPersada.

Mulyadi. j2016. jSistem jAkuntansi j(4 jEd.). jJakarta: jSalemba jEmpat.

Peraturan jPemerintah jNomor j60 jTahun j2008 jTentang jSistem jPengendalian jInternal jPemerintah.

Siregar, jSyofian. j2013. jStatistika jParametrik juntuk jPenelitian jKuantitatif: jdilengkapi jdengan jPerhitungan jManual jdan jAplikasi jSPSS jVersi j17. jJakarta: jBumi jAksara.

Sugiyono, j2019. jMetode jPenelitian jKuantitatif, jKualitatif, jdan jR&D. jBandung: jAlphabet.

Suharso. j2016. jPengendalian jInternal jAla jCoso jTerbaru jhttps://www.klikharso.com/2016/07/pengendalian-internal-coso-terbaru.html, jdiakses jpada jtanggal j23 jJuni j2022

Ulfa, jFitria. j2018. jPengaruh jPengendalian jInternal jTerhadap jKinerja jPegawai jDinas jTenaga jKerja jKabupaten jJember

Umam, jK. j2018. jPerilaku jOrganisasi j(Edisi jII jed.). jBandung: jPustaka jSetia

Wibowo. j2017. jManajemen jKinerja jEdisi jKeempat. jJakarta: jPT. jRajagrafindo jPersada

Wilopo. j2006. jAnalisis jFaktor-Faktor jyang jBerpengaruh jTerhadap jKecenderungan jKecurangan jAkuntansi. jSimposium jNasional jAkuntansi jXII. jSTIE jPerbanas.

Windy Aprilia Murty. 2012. Pengaruh Kompensasi, Motivasi Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Akuntansi (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Di Surabaya). Surabaya.STIE Perbanas Surabaya. Volume 2, No. 2, July 2012.

Downloads

Published

2023-02-17

Issue

Section

Articles