PENGARUH SUNSET POLICY TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Pada KPP Pratama Kendari)

Authors

  • Muntu Abdullah Universitas Halu Oleo
  • Sulvariany Tamburaka Universitas Halu Oleo
  • La Ode Muhammad Nurhadid Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/jak.v8i1.68

Keywords:

Kepatuhan Wajib Pajak, Sunset Policy, Wajib Pajak Orang Pribadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh sunset policy terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dan metode pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan sampel berjumlah 100 wajib pajak orang pribadi. Metode pengumpulan dalam penelitian ini yaitu survey dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan metode analisis regresi sederhana dengan bantuan aplikasi software IBM SPSS Statistics Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Penghapusan sanksi administrasi berupa bunga, (2) memberi kesempatan untuk memperoleh NPWP, (3) memberi kesempatan melakukan pembetulan SPT, dan (4) membebaskan dari pemeriksaan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Kesimpulan penelitian ini yaitu Penerapan sunset policy dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam memenuhi kewajiban perpajakan dengan memberikan keringanan berupa penghapusan sanksi administrasi selama program sunset policy berlaku, sehingga wajib pajak termotivasi untuk memperoleh NPWP, melaporkan SPT, dan terdaftar sebagai wajib pajak yang aktif di KPP Pratama Kendari.

References

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Update PLS Regresi. 9th ed. Yogyakarta: Universitas Diponegoro

Mardiasmo. 2018. Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2018. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Novitasari, Puput dan Firdaus Hamta. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Sosialisasi Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak (Studi Kasus PBB-P2 Unit Pelayanan Teknis Dinas Pendapatan Daerah Kota Batam). Jurnal EQUILIBIRIA Vol. 4 No. 1.

Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pelaksanaan Hak dan Kewajiban Perpajakan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan Sebagaimana Telah Diubah Terakhir Dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007.

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum Tata Cara Perpajakan (UU KUP) Republik Indonesia; LN No. 85 Tahun 2007

Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, & Pratama, Y. H. (2018). Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi: Studi Aspek Pengetahuan, Kesadaran, Kualitas Layanan dan Kebijakan Sunset Policy. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 21 (1), 139-158.

Downloads

Published

2023-02-17

Issue

Section

Articles