PENGARUH SIKAP, NORMA SUBYEKTIF, KONTROL PERILAKU PERSEPSI TERHADAP MINAT PERILAKU PENGGUNAAN E-COMMERCE (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Halu Oleo)

Authors

  • Ishak Awaluddin Universitas Halu Oleo
  • Fitriaman Universitas Halu Oleo
  • Ainur Rizki Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/jak.v8i1.65

Keywords:

E-Commerce, Kontrol Perilaku Persepsi, Norma Subyektif, Sikap

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku persepsi terhadap minat perilaku penggunaan E-Commerce. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda menggunakan aplikasi software IBM SPSS statistic 24. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 1.075 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan metode pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan sampel berjumlah 91 mahasiswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) sikap berpengaruh signifikan terhadap minat perilaku penggunaan E-Commerce (2) norma subyektif berpengaruh signifikan terhadap minat perilaku penggunaan E-Commerce (3) kontrol perilaku persepsi berpengaruh signifikan terhadap minat perilaku penggunaan E-Commerce.

References

Aditya, I. M. F., & Putra, I. M. P. D. (2021). Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Norma Subyektif, Kualitas Informasi Dan Minat Penggunaan : Studi Pada Pengguna E-Commerce. E-Jurnal Akuntansi, 31, 1317–1330.

Ajzen, Icek. 1992. A Comparison of the Theory of Planned Behavior and the Theory of Reasoned Action. Vol. 18.

Amalia, Z. N., & Suyono, N. A. (2017). Faktor Minat Perilaku Bertransaksi Menggunakan E-Commerce (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perempuan S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al-Quran Wonosobo). 12(1).

Andrean, T., & Fitria, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Perilaku Bertransaksi Dengan E-Commerce. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi Http://Jurnalmahasiswa.Stiesia.Ac.Id/Index.Php/Jira/Article/View/3589

Anggelina, J.J.P., & Japarianto, E. (2014). Analisis Pengaruh Sikap, Subjective Norm Dan Perceived Behavioral Control Terhadap Purchase Intention Pelanggan SOGO Department Store Di Tunjungan Plaza Surabaya. jurnalstrategi pemasaran, vol 2, 2

Anggraeni, E. Y., & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Iformasi (E. Risanto (Ed.)). Cv. Andi Offset.

Bestari, N.P., (2022). 76,8% warga RI sudah pakai internet. https://www.google.com/tech/20220120142249-37-309046/768-warga-ri-sudah-pakai-internet/amp. diakses pada tanggal 13 februari 2022

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (2009). Predicting And Changing Behavior The Reasoned Action Approach. New York : Psychology Press

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss. Universitas Diponegoro Semarang.

Hasan, Nursyabannia., Apriana M., & Nuraini I. (2020). Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku Persepsi Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce. Jurnal Riset Ilmu Akuntansi. Vol 1. No.1

Hardanti, K. N., & Saraswati, E. (2013). Faktor Minat Perilaku Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce. Simposium Nasional Akuntansi Xvi, I(2007), 486–514.

Izzati, R. R., Muntiah, N. S., & Hidayah, N. (2020). An Analysis Of Factor That Influence The Interests In Behaviors Of Using Accounting Information Systems Based On E-Commerce. Jurnal Aksi (Akuntansi Dan Sistem Informasi), 5(1), 1–5. Https://Doi.Org/10.32486/Aksi.V5i1.424

Anto, L., Husin, H., Hamid, W., & Bulan, N. (2021). Taxpayer awareness, tac knowledge, tac sanctions, public service account ability and taxpayer compliance. Accounting, 7(1), 49-58.

Anto, L. O., & Yusran, I. N. (2023). Determinants of the Quality of Financial Reports. International Journal of Professional Business Review, 8(3), e01331. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i3.1331.

Madani Hatta, dkk. 2017. Perilaku Berbagi Pengetahuan Akuntansi Pada Dosen Akuntansi Kota Bengkulu: Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 5(1).

Monica, N., & Tama, A.I. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Norma Subyektif Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Electronic Commerce. JRAK, 8(1), 27-41.

Novitasari & Baridwan, Z. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko, Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Niat Penggunaan Sistem E-Commerce. JIMFEB,1,(2).

Novitasari, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Perilaku Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce. 2(2).

Purnomo, Y.G., (2013). Theory of Planned Behavior: Prediktor Pemilihan Profesi Sebagai Praktisi Akuntansi. Tesis. Universitas Kristen Satya Wacana.

Puspaningtiyas, I. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Perilaku Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce (Studi Kasus Pada Mahasiswa. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta, 22. Http://Eprints.Ums.Ac.Id/41633/

Rachadian, S. (2012). Analisis Implementasi E-Commerce (Studi Pada Zahra Publishing House). institute manajemen telkom. Bandung.

Schiffman, L. G., & Leslie L. K. (2007). Consumer behavior 9th ed. pearson. prentice hall. new jersey.

Sekaran, U. Roger., (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis Edisi 6. Jakarta : Salemba Empat.

Shomad, A.C. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Resiko Terhadap Perilaku Penggunaan E-Commerce. JIMFEB, 1(2).

Solimun. A. (2017). Metode Statistika Multivariate Pemodelan Persamaan Struktural (Sem) Pendekatan Warp Pls. malang : UB Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Supriyono, R.A. (2016). Akuntansi Keperilakuan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Winoorman, M. P. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Berwirausaha Menggunakan E-Commerce Di Yogyakarta.

Yolanda, A. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahaan, Persepsi Kenyamanan, Dan Norma Subjektif Terhadap Minat Menggunakan Electronic Commerce. JRAK : Jurnal Riset Akuntansi Dan Komputerisasi Akuntansi, 8(1), 1-20. https ://doi.org/10.33558/jrak.v8i1.803.

Yuesti, A. & Merawati L.K.,( 2019). Akuntansi Keperilakuan. Badung: CV. Noah Aletheia.

Downloads

Published

2023-02-19

Issue

Section

Articles