FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK (E-MONEY) PADA APLIKASI OVO (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Halu Oleo)

Authors

  • Erwin Hadisantoso Universitas Halu Oleo
  • Tuti Dharmawati Universitas Halu Oleo
  • Muh. Asdar Politeknik Bina Husada Kendari
  • Muh. Syaiful Saehu Politeknik Bina Husada Kendari
  • Sulfian Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/jak.v8i1.61

Keywords:

Kepercayaan, Kemudahan, Keamanan, Teori TAM, Teori IDT, Uang Elektronik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh variabel Kepercayaan (X1), Kemudahan (X2), dan Keamanan (X3) terhadap minat menggunakan uang elektronik (Y) pada mahasiswa Jurusan Akuntansi FEB UHO dan seberapa besar pengaruhnya. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2017-2021 Universitas Halu Oleo yang berjumlah 93 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis re1gresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi software IBM SPSS Statistic Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menggunakan e-money pada aplikasi OVO, Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menggunakan e-money pada aplikasi OVO, dan Keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menggunakan e-money pada aplikasi OVO. Berdasarkan secara simultan Kepercayaan (X1), Kemudahan (X2), dan Keamanan (X3) berpengaruh terhadap minat mahasiswa menggunakan uang elektronik pada aplikasi OVO

References

Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengaruh persepsi keamanan, kemudahan bertransaksi, kepercayaan terhadap toko dan pengalaman berbelanja terhadap minat beli secara online pada situs jual beli tokopedia. com. Diponegoro Journal of Management, 5(2), 134-148.

Artini, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Uang Elektronik Pada Aplikasi OVO (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Islam Ta 2016-2017 UIN Sumatera Utara) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Azis, A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Uang Elektronik Kartu Flazz Bca (Doctoral Dissertation, Universitas Bakrie)

Davis, F.D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, Volume 13, Nomor3; 318–339.

Efendi, Mario Kurniawan. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahassiwa Yogyakarta Terhadap Penggunaan Pembayaran Non Tunai, Skripsi. UIN Sunan Kalijaga.

Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Pada Aplikasi OVO.

Fahlevi, I. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Menggunakan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Ovo Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Doctoral dissertation).

Bank Indonesia. Jumlah Uang Elektronik – Bank Sentral Republik Indonesia. https://www.bi.go.id/id/statistik/ekonomi-keuangan/ssp/uang-elektronik- jumlah.aspx.html (Diakses 27 Oktober 2021).

Humphrey, D., Willesson, M., Lindblom, T., & Bergendahl, G. (2003). What does it cost to make a payment. Review of Network Economics, 2(2).

Nurmalasari, A. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan T-Cash pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia.(Skripsi, Universitas Islam Indonesia).

Pavlou, P.A. (2003). Consumer acceptance of electronic commerce: integratingtrust and risk with the technology acceptance model. International Journal of Electronic Commerce 7, Nomor 3; 69–103.

Puspitawati, Lilis. (2021). Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Rekayasa Sains.

Ramadhan, A. F. (2016). Persepsi Mahasiswa dalam Menggunakan e-money. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 13(2).

Robaniyah, L., & Kurnianingsih, H. (2022) Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi OVO. IMAGE: Jurnal Riset Manajemen, 10(1), 53-62.

Sindi, M. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik (E-money) Bank Mandiri Terhadap Kemudahan Transaksi Masyarakat di Kabupaten Ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Sugiyono. ( 2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulurrosyad, M. F., & Jayanto, P. Y. (2020). Faktor-Faktor Dalam Menggunakan E- Money (Gopay) Pada Masyarakat Muslim di Kota Semarang. Moneter- Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7(1), 105-112.

Utami, S. S., & Kusumawati, B. (2017). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Penggunaan E-money (Studi Pada Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta). BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 14(02)

Downloads

Published

2023-02-16

Issue

Section

Articles