PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN ANGGARAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PADA PT. PEGADAIAN CABANG KENDARI

Authors

  • Yuli Lestari Labangu Universitas Halu Oleo
  • Arifuddin Arifuddin Universitas Halu Oleo
  • Asmawati Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/jak.v8i1.57

Keywords:

Akuntansi Pertanggungjawaban, Anggaran, Pengendalian Biaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntansi pertanggungjawaban dengan anggaran sebagai alat pengendalian biaya pada PT. Pegadaian Cabang Kendari, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa PT. Pegadaian Cabang Kendari belum memadai atau sepenuhnya menerapkan syarat akuntansi pertanggungjawaban, hal ini disebabkan karena PT. Pegadaian Cabang Kendari belum menerapkan salah satu syarat akuntansi pertanggungjawaban yaitu pemisahan biaya terkendali dan tidak terkendali. PT. Pegadaian juga belum melakukan pengendalian biaya yang baik, hal ini dapat dilihat dari analisis terhadap selisih anggaran dan realisasi biaya dimana ada beberapa biaya yang melebihi anggaran yang telah ditetapkan, seperti biaya administrasi bank, biaya perlengkapan kantor dan biaya perlengkapan rumah tangga.

References

Al-Shomaly, Ibrahim. 2013. Performance Evaluation and Responsibility Accounting. Jurnal of Management Research. Vol.5. No.1.

Anik, A. P. 2013. Evaluasi Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi. Jurnal EMBA. 1(4).

Anthony, R. dan V. Govondarajan. 2009. Management Control System (sistem pengendalian manajemen). Terjemahan F.X Kurniawan Tjakrawala. Salemba Empat. Jakarta.

Anto, L. O., & Yusran, I. N. (2023). Determinants of the Quality of Financial Reports. International Journal of Professional Business Review, 8(3), e01331. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i3.1331

Anto, L., Husin, H., Hamid, W., & Bulan, N. (2021). Taxpayer awareness, tac knowledge, tac sanctions, public service account ability and taxpayer compliance. Accounting, 7(1), 49-58

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Ayuningtyas, Sri. 2006. Efisiensi dan Keefektivian Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Pengendalian dan Evaluasi Kinerja Manajemen (Studi Kasus pada PT. Perkebunan Nusantara V). Skripsi S1 Akuntansi. Program Studi S1 Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Fadilla, M. 2017. Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Anggaran Sebagai Alat Pengendalian Biaya pada Perusahaan Daerah Air Minum Jayapura. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Hans Kartikahadi, dkk. 2016. Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen; Konsep Manfaat dan Rekayasa, Cetakan ketiga, Edisi Tiga, Penerbit: Salemba Empat, Jakarta.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Stategis. Jakarta: Erlangga.

Simmammora, H. 2012. Akuntansi Manajemen. Edisi ke-3. Cetakan Pertama. Jakarta : Star Gate Publisher

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Ti, Se dan Taufik Hidayat. 2012. Analisis Pengaruh Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Terhadap Kinerja Manajemen Pusat Laba di Warung Paskal Bnadung. Jurnal Akuntansi Vol.4 No.2.

Downloads

Published

2023-02-19

Issue

Section

Articles