PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HALU OLEO

Authors

  • Sulvariany Tamburaka Universitas Halu Oleo
  • Hasbudin Universitas Halu Oleo
  • Santiadji Mustafa Universitas Halu Oleo
  • Mega Unha Sapitri Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/jak.v7i2.51

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Tingkat Pemahaman Akuntansi, Akuntansi Keperilakuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh (1) Kecerdasan Emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Universitas Halu Oleo angkatan 2018. Hasil penelitian ini termasuk dalam penelitian kausal komaratif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 73 mahasiswa Akuntansi Universitas Halu Oleo angkatan 2018. Uji validitas menggunakan uji kolerasi Pearson Product Moment, sedangkan uji reabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kecerdasan Emosional berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai  untuk variabel kecerdasan emosional (X) sebesar 6,777> = 1,994 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, koefisien regresi sebesar 0,642, dan R Square adalah 0,393.

References

Agustina & Yanti, D, M. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Stie Mikroskil Medan: Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 5(1), 11-20.

Aulia, A., & Subowo, S. (2016). Pengaruh Pengendalian Diri, Motivasi, dan perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 5(1).

Fanikmah, D. A., & Kurnia, K. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(7).

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goleman, Deniel. (2018). Kecerdasan Emosional. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hariyoga, S., & Suprianto, E. (2011). Pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar, dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi.Nasional Akuntansi XIV (hal. 21–22), Banda Aceh. Diakses dari http://lib.ibs.ac.id/materi/Prosiding/SNA XIV-Aceh/makalah/066.pdf

Jamaris, M. (2015). Orienstasi baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Laksmi, A. C., & Febrian, R. S. (2018). Faktor-faktor penentu tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 25-35.

Laksmi, R. A., & Sujana, K. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Enosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21, 1373-1399.

Liviawati, & Aquino, A. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dilihat dari Perspektif Gender. Pekbis Jurnal, 5, 111-121.

Mawardi, M. C. (2011). Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadapa Konsep Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi di Kota Malang. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam (UNISMA) Malang, 5.

Menne, F., Setiawan, A., & Nasriati, A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Universitas Bosowa Makassar. Jurnal Mirai Management, 5(2).

Nurdin, E. (2021). Langsung Praktik Regresi Sederhana dan Berganda dengan SPSS Untuk Penelitian Akuntansi (1 ed.). Pontianak: Yudha English Gallery (Member of Openbook Publisher).

Nurfajri, E., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa dengan Minat Belajar sebagai Variabel Intervening. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1612-1622.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: IKAPI.

Pranandari, R., Diana, N., & Mawardi, M. C. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap tingkat pemahaman akuntansi (Studi kasus pada mahasiswa akuntansi Universitas Islam Malang dan Universitas Widyagama Malang). E-JRA (Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi), 10(07), 13–24.

Rahmi, F. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi.

Robertus, G. P. (2009). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi, 1(2), 101–118.

Robbin dan Judge. (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta: Selemba Empat.

Satria, M. R., & Fatmawati, A. P. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi di kota Bandung. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1 (1), 66-80.

Solimun Ahcmad, Adji R F, N. (2017). Metode statistika Multivariate Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan Warp PLS. Malang: UB Press.

Suhendra, A. D., Asworowati, R. D., & Ismawati, T. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Akrab Juara,5(1),43–54.

Sujarweni, V. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi (1 ed.). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Widyawati , P. G., Immanuela , I., & Handayani, D. (2014). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Budaya terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta Kota Madiun). Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 2, 25-34.

Downloads

Published

2022-10-09

Issue

Section

Articles