PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA INSPEKTORAT PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Authors

  • Safaruddin Safaruddin Universitas Halu Oleo
  • Andi Basru Wawo Universitas Halu Oleo
  • Ahmad Fauzi Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/jak.v7i2.4

Keywords:

Time Budget Pressure, Pengalaman Kerja, Kualitas Audit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh Time Budget Pressure dan Pengalaman Kerja terhadap kualitas audit. Variabel pada penelitian ini terdiri dari Time Budget Pressure dan Pengalaman kerja sebagai variabel independen, dan kualitas audit sebagai variabel dependen. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan metode sensus sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 42 auditor pada Inspektorat Provinsi Sulawesi Tenggara. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis linear berganda dengan bantuan aplikasi software IBM SPSS Statistics Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Time Budget Pressure berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. (2) Pengalaman kerja berpengaruh dan signifikan terhadap kualitas audit. (3) dan Time Budget Pressure dan Pengalaman Kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Kesimpulan penelitian ini yaitu semakin tinggi Time Budget Pressure dan Pengalaman Kerja maka kualitas audit yang dihasilkan akan semakin meningkat.

References

(AAIPI), A. A. (2013). Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia.

Dewi, A. C. (2016). Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi, dan Independensi terhadap Kualitas Audit dengan etika auditor sebagai variabel moderasi . 21.

Efendy, M. T. (2010). Pengaruh Kompetensi,independensi, dan motivasi terhadap kualitas audit aparat Inspektorat dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Empiris pada Pemerintah Kota Gorontalo). Tesis Akuntansi, 32.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan peneliti Universitas Diponorogo.

Hery. (2011). Auditing 1. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Jusuf, A. A. (2015). Auditing Pendekatan Terpadu. 16.

Kuncoro, M. (2018). Metode Kuantitatif "Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis & Ekonomi". UPP STIM YKPN: Yogyakarta

Luthans, F. (2005). Organizational Behavior. Jurnal Accounting Undip, Edisi 10.

Mahardika, P. I. (2017). Pengaruh Independensi, Pengalaman Kerja, dan Due Profesional Care terhadap kualitas audit (Studi Kasus Pada Akuntan Publik Bali). e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 12-15.

Mahardika, P. I. (2017). Pengaruh Independensi,pengalaman kerja dan Due Professional terhadap kualitas audit (studi empiris pada kantor Inspektorat Bali). e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 1-12.

Muhsyi. (2021). Pengaruh self efficacy, time budget pressure, pengalaman kerja, kompetensi, dan independensi terhadap kualitas audit internal pada inspektorat kota medan. Jurnal S1 Akuntansi Univiersitas Sumatera Utara , 15.

Nanik Sunartik, R. P. (2018). Pengaruh Kompetensi Aparat Inspektorat Kabupaten terhadap kualitas audit keuangan daerah Kabupaten Kapuas Hulu. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura, Pontianak, 20.

Oktaviani. (2019). Pengaruh Time Budget pressure dan fee audit terhadap kualitas audit. UNIKOM BAB II, 2.

Downloads

Published

2022-10-17

Issue

Section

Articles