PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO ASSET RATIO DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP RETURN ON ASSET PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR (SUB SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONEN) YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Emillia Nurdin Jurusan Akuntansi FEB, UHO
  • Satira Yusuf Universitas Halu Oleo
  • Khadijah Putri Sakinah Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/jak.v7i2.3

Keywords:

Current Ratio, Debt to Asset Ratio, Total Asset Turnover, Return on Asset

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara current ratio, debt to asset ratio, dan total asset turnover terhadap return on asset. Penelitian ini menggunakan pengambilan sampel dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 5 sampel perusahaan manufaktor (sub sektor otomotif & komponen) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 s.d 2020. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa current ratio, debt to asset ratio, dan total asset turnover secara simultan berpengaruh terhadap return on asset. Untuk secara parsial, current ratio dan debt to asset ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap return on asset. Sementara total asset turnover berpengaruh signifikan dan positif terhadap return on asset.

References

Astuti, Fitri Rizki & Utiyati, Sri. (2018). Pengaruh TATO, DAR, CR terhadap ROA pada Perusahaan Konstruksi di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7(12).

Branido, Rendra et al. (2021). Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Debt to Asset Ratio, dan Total Asset Turnover terhadao Return on Asset pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang dan Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Geo Ekonomi, 12(2).

Brigham & Houston. (2012). Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi 11. (Ali Akbar Yulianto: Penerjemah). Jakarta: Salemba Empat.

Bursa Efek Indonesia. Website: http://www.idx.co.id(diakses Oktober 2021)

Darsono, S.D.T. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Abad 21. Nusantara Consulting.

Deli, Leni. (2020). Pengaruh Current Ratio (CR), Total Asset Turnover (TATO), dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Profitabilitas. Jurnal Akumulasi 2(1).

Fahmi, Irham. (2017). Analisa Kinerja Keuangan. Bandung : Alfabeta.

gaikindo.or.id. Geliat Prospek dan Tantangan Industri Otomotif Indonesia. https://www.gaikindo.or.id/geliat-prospek-dan-tantangan-industri-otomotif-indonesia/ (diakses pada oktober 2021).

investindonesia.go.id. Industri Manufaktur di Indonesia sebagai Basis Produksi di ASEAN. https://www.investindonesia.go.id/id/artikel-investasi/detail/perkembangan-industri-manufaktur-di-indonesia (diakses pada oktober 2021).

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama, Cetakan Keduabelas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Keown, Arthur J.David F.Scott Jr, John D.Martin, J.W.P. (2001). Dasar-dasar Manajemen Keuangan (ke-7). Jakarta: Salemba Empat.

Sartono, Agus. (2016). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. Yogjakarta: BPFE.

Sitanggang, J.P. (2012). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sujarweni, V. Wiratna. (2017). Analisis Laporan Keuangan: Teori, Aplikasi, & Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulindawati, Ni Luh Gede Erni, et al. (2017). Manajemen Keuangan sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Bisnis, Cetakan ke-1. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syamsudin, Lukman. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi Baru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Thoyib, M, et al. (2018). Pengaruh Current Ratio, Debt to Asset Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Total Asset Turnover terhadap Return on Asset pada Perusahaan Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntanika, 4(2).

Wijaya, David. (2017). Manajemen Keuangan: Konsep dan Penerapannya. Jakarta: Grasindo.

Yanti, Nia Willi & Chandra, Stefani. (2019). Pengaruh CR, DAR, TATO, dan Tangibility terhadap ROA pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(1).

Yudiana, Fetria Eka. (2013). Definisi Waktu dalam Analisis time Value of Money dan Economic Value of Time. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 4(1).

Downloads

Published

2022-10-13

Issue

Section

Articles