Peran Perceived Usefulness dalam Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-commerce Terhadap Performa UMKM Milenial Kota Medan

Authors

  • Sriwardany Sriwardany Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Dita Deviana Fadhilah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Fahmil Ichsan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.33772/jak.v8i1.25

Keywords:

Akuntansi, E-Commerce, Perceived Usefulness, Peran, UMKM Milenial

Abstract

Pertumbuhan UMKM di Kota Medan terus terjadi sampai saat ini, namun tidak seluruhnya masuk dalam e-commerce. Kehadiran E-Commerce dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan UMKM di Kota Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran parsial perceived usefulness dalam menggunakan Sistem Informasi Akuntansi berbasis E-Commerce terhadap kinerja UMKM Milenial di Kota Medan. Sampel penelitian ini adalah pelaku UMKM dengan rentang usia 22-39 tahun pada saat penelitian ini dilakukan. Data dianalisis dengan menginterpretasikan hasil uji t pada output regresi linear berganda menggunakan alat bantu SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji t variabel perceived usefulness adalah 3,795 dengan taraf signifikansi 0,001. Nilai ini menunjukkan bahwa perceived usefulness memiliki peran positif dan signifikan dalam menggunakan Sistem Informasi Akuntansi berbasis E-Commerce terhadap kinerja UMKM Milenial di Kota Medan.

References

Arif, S.S.A., Bambang, S., & Asro,N. (2021). Pengaruh Kegunaan dan Kemudahan Terhadap Sikap Penggunaan Dengan Metode TAM Pada Sistem Informasi Magang. IT Journal Research and Development (ITJRD), 5(2). DOI : 10.25299/itjrd.2021.

Aulia, Maya. (2019). Penerapan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 7(2).

Biswan, A.T., Aziz, A., Wirastuti, N., & Wicaksono, Y.A. (2022). Dengan Si Apik, Insya Allah Laporan Keuangan Jadi Lebih Apik (Studi Pada Umkm Mika Hijab). Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 4(2).

Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kerjasama LPPI dengan Bank Indonesia Tahun 2015.

Chandra, A., Sucipti, H., Harini, D., Nasiruddin., Roni., & Mutaqin, A. (2022). Pemberdayaan UMKM Angkringan Milenial melalui Legalitas Usaha di Desa Cikuya, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(2), 76-84.

Davis, F.D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived of Use and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.

Faramitha, A., Wahyudi., & Desmintari. (2021). Analisis Perilaku Manajemen Keuangan Pada Generasi Milenial. Jurnal Inovasi, 17(1), 19-29.

Hamid, A.A., Razak, F., Bakar, A.A. & Abdullah, W.S.W. (2016). The Effects Of Perceived Usefulness And Perceived Ease Of Use On Continuance Intention To Use E-Government. Procedia Economics and Finance 35 (2016) dipublis oleh Elsevier B.V

Kemenko Perekonomian. (2020). Peningkatan Pemasaran Produk UMKM dalam Platform e-Commerce di Indonesia .Artikel publikasi, diakses melalui https://ekon.go.id/unduh/publikasi/1892/peningkatan-pemasaran-produk-umkm-dalam-platform-e-commerce-di-indonesia

Lovita, E., & Febyana, S. (2021). Peranan Pemahaman E-Commerce dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Minta Kewirausahaan. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 18(2). doi.org/10.36406/jam.v18i02.437.

Naufaldi, I., & Miharni T. (2020). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, dan Trust terhadap Intention To Use. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(3).

Nuryanti. (2013). Peran E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Dan Menengah (UKM). Jurnal Ekonomi, 21(4). http://dx.doi.org/10.31258/je.21.04.p.%25p

Pujianto., Aminatuzzahro., & Ermawati, Y. (2022). Akuntan dan UMKM Milenial di Era New Normal. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2), 804-827.

Rianty, M., & Rahayu, P.F. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM Yang Bermitra Gojek Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Manajemen. 16(2), 153-167.

Ritonga, N. (2021). Pengaruh Perceived Usefulness Terhadap Keputusan Pembelian di Aplikasi Shopee. Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2).

Rosariana, B. (2021). Generasi “Milenial” Dan Generasi “Kolonial”. Artikel Kementerian Keuangan Republik Indonesia. diakses melalui https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pontianak/baca-artikel/14262/Generasi-Milenial-Dan-Generasi-Kolonial.html

Samuel, N., Samuel, A.O., & Charles, O.O (2018). Perceived usefulness, ease of use and adequacy of use of mobile technologies by Nigerian university lecturers. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), 14(3), 5-16.

Sanjaya, P.K.D., & Nuratama, I.P. (2021). Tata Kelola Manajemen & Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah. CV. Cahaya Bintang Cemerlang: Gowa, ISBN: 978-623-6032-02-2

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syah, D.H., & Karen, A.E. (2022). An Analysis Of Determinants Of E-Commerce-Based Accounting Information Systems Adoption On The Performance Of Millennial Msme In Medan City. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK), 11(2), 179-196.

Tanti, G.A.S., & Dewi, P.E.D.M. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Kreativitas dan Modal Usaha Terhadap Keberlanjutan Bisnis UMKM Milenial di Kecamatan Buleleng. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, 11(2).

Trulline, P. (2021). Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial Dan E-Commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259-279.

Tyas, E.I., & Emile, S.D. (2017). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Enjoyment, dan Actual Usage Terhadap Penerimaan Teknologi Informasi: Studi Empiris Pada Karyawan Bagian Akuntansi dan Keuangan Baitul Maal Wa Tamwil Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Sekitarnya. Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 1(1).

Downloads

Published

2023-02-01

Issue

Section

Articles