ANALISIS PROFIT TEPUNG KELAPA PADA PT. SOFI AGRO INDUSTRI KECAMATAN MORAMO UTARA KABUPATEN KONAWE SELATAN

Authors

  • Rizal Sabila Ahkam Universitas Halu Oleo
  • Ine Fausayana Universitas Halu Oleo
  • Yusna Indarsyih Universitas Halu Oleo

Keywords:

Profit, Tepung Kelapa, PT. Sofi Agro Industri

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu untuk: (1) mengetahui besarnya biaya produksi yang dihasilkan oleh perusahaan PT. Sofi Agro Industri Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan. (2). mengetahui besarnya laba bersih (Profit) yang dihasilkan oleh perusahaan PT. Saofi Agro Industri Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik wawancara (interview), yaitu menggunakan daftar pertanyaan (kuisioner) kepada informan penelitian ini dalam hal ini pemilik PT.  Sofi Agro Industri, teknik pencatatan yaitu data sekunder dikumpulkan dengan mengoleksi berbagai data (dokumentasi) yang berhubungan dengan hasil-hasil penelitian dari berbagai sumber yang relevan dengan penelitian ini. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis laba usaha dengan metode variabel costing . Penelitian menggunakan analisis laba usaha dengan metode variabel costing, PT. Sofi Agro Industri Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan, dapat diketahui yaitu biaya yang dikeluarkan PT. Sofi Agro Industri adalah sebesar enam milyar tujuh ratus tiga puluh empat juta delapanratus Sembilan puluh lima ribu lima ratus rupiah dan laporan laba usaha dengan metode variabel costing pada PT. Sofi Agro Industri menunjukkan bahwa laba usaha yang dihasilkan pada tahun 2022 sebesar satu milyar dua ratus tujuh belas juta tujuh ratus Sembilan puluh dua ribu rupiah.

References

Abrar, G., Afma, V. M., & Rendantan, D. (2019). Perhitungan Perbandingan Harga Pokok Produksi Menggunakan Gas Elpiji dan Kayu Bakar dengan Metode Activity Based Costing. PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri, 7(1), 1-7.

Anwar, C., Ashari, L. F., & Indrayenti, I. (2010). Harga Pokok Produksi dalam Kaitannya dengan Penentuan Harga Jual untuk Pencapaian Target Laba Analisis (Studi Kasus pada PT. Indra Brothers di Bandar Lampung). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 1(1), 79-94.

Arifin. (2016). Pengantar Agroindustri. Bandung: Mujahid Press.

Arifin, B.A. (2016). Pengantar Agribisnis. Bandung: Mujahid Press.

Arni, Y. (2018). Persentase Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja, Biaya Overhead Pabrik Terhadap Harga Pokok Produksi Pada Pt. Maju Tambak Sumur. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(1), 43-56.

Anwar, C., Ashari, L. F., & Indrayenti, I. (2010). Harga Pokok Produksi dalam Kaitannya dengan Penentuan Harga Jual untuk Pencapaian Target Laba Analisis (Studi Kasus pada PT. Indra Brothers di Bandar Lampung). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 1(1), 79-94.

Axsel, W.J. (2018). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan menggunakan Metode Fullcosting sebagai Dasar Perhitungan Harga Jual pada Kartina’s Home Industri. Administrasi Bisnis. 6(2), 34-40.

Eprilianta, S. (2011). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Tahu dengan Metode Full Costing pada Industri Kecil (Studi Kasus CV Laksa Mandiri). Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Faridah, N. (2011). Analisis Biaya Menurut Variabel Costing Untuk Pengambilan Keputusan Jangka Pendek Dalam Pesanan Khusus Pada PT Sermani SteelDi Makassar. Skripsi Akuntansi Universitas Hasanudin Makasar.

Fauzy, P., Pattiasina, M., & Kembauw, E. (2020). Analisis pendapatan agroindustri produk olahan kelapa sentra bisnis Yanmel Desa Yainuelo, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah. Agrilan: Jurnal Agribisnis Kepulauan, 8(3), 261-278.

Ginting, A. P., Hubeis, M., & Fahma, F. (2019). Strategi Pengembangan UMKM pangan berdaya saing di Kota Bandung. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 14(1), 1-7.

Hernanto. (2017). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Andi Offset.

Irawan, M. R. N. (2016). Pengaruh Modal Usaha dan Penjualan Terhadap Laba Usaha pada Perusahaan Penggilingan Padi UD. Sari Tani Tenggerejo Kedungpring Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi (JPENSI), 1(2), 75-82.

Kadeni, N. S. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 8(2), 191-200.

Mardiharini, M., & Jamal, E. (2012). Kinerja dan Prospek Pengembangan Agroindustri dalam Perspektif Pembangunan Pertanian Nasional. Analisis Kebijakan Pertanian. 10(1), 75-86.

Matc, A., Usry, M.F., & Hammer, L.H. (1998). Akuntansi Biaya Perencanaan dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga.

Meroekh, H. M. A., De Rozari, P. E., & Foenay, C. C. (2018). Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Melalui Metode Cost Plus Pricing (Studi Kasus Pada Pabrik Tahu Pink Jaya Oebufu Di Kupang). JOURNAL OF MANAGEMENT Small and Medium Entreprises (SME’s), 7(2), 181-205.

Mulyadi. (2005). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: BPFE.

Mulyadi. (2014). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: BPFE.

Usry, C. (2004). Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-11-09

Issue

Section

Articles