PENGARUH MANFAAT DAN RISIKO TERHADAP PENGGUNAAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS)

Authors

  • Wa Ode Aswati Universitas Halu Oleo
  • Intihanah Universitas Halu Oleo
  • Dea Ika Renalda Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/jakuho.v9i2.211

Keywords:

Manfaat, Risiko, Pelaku Usaha, QRIS, Usaha Mikro Kecil

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangan dari Standar Kode Respon Cepat Indonesia (QRIS) dan bagaimana mereka mempengaruhi adopsi sistem oleh SME di Kota Kendari. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Micro dan Small Enterprises (MSEs) Kota Kendari adalah subjek utama penelitian. Ukuran sampel penelitian ini adalah 100 pemilik perusahaan. Studi ini menggunakan sampling yang bertujuan, yang melibatkan pengambilan sampel sesuai dengan kriteria yang ditentukan sebelumnya yang relevan dengan tujuan penelitian. Survei dan dokumentasi adalah dua contoh prosedur pengumpulan data yang umum. Data diproses menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics versi 22, yang memfasilitasi analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian ini menyiratkan bahwa (1) manfaat QRIS secara positif dan substansial berdampak, (2) kelemahan QRIS juga berdampak negatif, dan (3) manfaat dan kerugian QRIS gabungan memiliki dampak positif dan signifikan pada penggunaan QRIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilik bisnis mikro dan kecil di Kendari City sangat dipengaruhi oleh penggunaan QRIS saat membuat keputusan. Ini karena QRIS secara langsung mempengaruhi penilaian mereka tentang manfaat dan risiko dari menggunakannya.

References

Abdurrahman, A. (2011). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Achmad, S., F, A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariate Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan Warp PLS. Malang: UB Press.

Akhyar, R. A., & Sisilia, K. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1-10.

Assael, H. (1998). Consumern Behavior and Marketing Action. Cincinnati, Ohio: South Western College Publishing.

Astuti, W. (2023). Pengaruh Kemudahan, Kebermanfaatan, dan Risiko Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Aplikasi BSI Mobile di Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Surakarta: Universitas Islam Negeri Raden Mas Said.

Aulia, N. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Kemudahan Penggunaan Pada Minat Penggunaan Quick Response Code Dalam Transaksi Keuangan. Jurnal Akuntansi, 28 (3): 1749-1766, 1749-1766.

Bank Indonesia. (2020). Code Indonesia Standard. Diambil kembali dari QRIS: www.bi.go.id/QRIS/default.aspx

Bank Indonesia. (2020, Desember 11). Mengenal Financial Teknologi. Diambil kembali dari Bank Indonesia: www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/mengenal-Financial-Teknologi.aspx

Bank Indonesia. (2020). QRIS. Diambil kembali dari Bank Indonesia Bank Sentral Republik Indonesia: www.bi.go.id/QRIS/default.aspx#heading19

Batjo, N. H. (2023). Pengaruh Persepsi Pelaku Usaha Terhadap Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Sebagai Transaksi Digital (Studi Pada Usaha Mikro Kecil di Kota Kendari). Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

CNN Indonesia. (2023). Pedagang Keberatan BI Kenakan Biaya Layanan QRIS per 1 Juli 2023.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, Vol. 13 No. 5: pp319-339.

Djohanputro, B. (2013). Manajemen Risiko Korporat Terintegrasi. Jakarta: PPM.

Ekawaty, T. (2022). Analisis Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Penggunaan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran UMKM Kuliner di Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Islam Negeri Raden Mas Said.

Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fong, C. P. (2016). Asia-Pacific Journal of Business. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 8 (1).

Garaika, & Darmanah. (2019). Metodologi Penelitian. Lampung: Hira Tech.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Update PLS Regresi. 9th ed. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Hanina, A. (2021). Efektivitas Penggunaan QRIS Pada Transaksi Penjualan Potato Life Roxy Jember. Skripsi. Jember: Universitas Islam Kiai Haji Acmad Siddig Jember.

Inayah, R. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kemanfaatan, dan Promosi Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik pada Masyarakat (Studi Kasus di Wilayah Kota Purwokerto). Skripsi. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Joal, L., & Sitinjak, T. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital GO-PAY. Jurnal Manajemen, Vol. 8 & No.2.

Jogiyanto. (2012). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE Universitas Gajah Mada.

Jogiyanto. (2019). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta.

Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem Informasi Teknologi. Yogyakarta: ANDI offset.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara. (2023). Laporan Perekonomian Provinsi Sulawesi Tenggara. Kendari: Bank Indonesia.

Khairani, M. (2017). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Khonosa, N. H., Habibi, R., & Masruro, D. A. (2020). Aplikasi Inventory Barang Menggunakan QR Code. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Kristoforus. (2013). Analisis Perilaku Pengguna Sistem Informasi Menggunakan UTAUT. Palembang: Sekolah Tinggi Teknik Musi.

Lathifah, E. S. (2023). Pengaruh Kemudahan, Manfaat, dan Risiko Terhadap Keputusan Penggunaan QRIS Pada Aplikasi BSI MObile. Skripsi. Surakarta: Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Mahendra, A. R., & Affandy, D. P. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi Pengelola Keuangan Daerah (SIPKD) (Studi Kasus pada Pemerintah Kota Blitar). Jurnal Universitas Brawijaya.

Marisa, O. (2020). Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektifitas, Dan Risiko Berpengaruh Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology. Jurnal Administrasi Kantor, Vol.8, No.2.

Merdeka.com. (2023). UMKM di Stadion Manahan Solo Terbantu Pembayaran Pakai QRIS BRI. Diambil kembali dari www.merdeka.com/jateng/umkm-di-stadion-manahan-solo-terbantu-pembayaran-pakai-qris-bri.html

Nasution, R. A. (2021). Analisis Persepsi Pedagang Pada Penggunaan QRIS Sebagai Alat Transaksi UMKM Di Kota Medan. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Nazaruddin, & Basuki. (2016). Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Danisa Media.

Ningsih, H. A., Sasmita, M. E., & Sari, B. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS) Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1.

Nursahrini, S. (2022). Determinan Minat Menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS). Skripsi. Kendari: Universitas Halu Oleo.

Oglethorpe, J. E., & Monroe, B. K. (1994). Determinant of Perceived Health and Safety Risk of Selected Hazardous Product and Activities. Journal of Consumer Research, No. 28, pp 326-346.

Pasya, M. B. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS): Pendekatan Teori TAM. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Prakoso, J. P. (2023, April 12). Pengguna Qris Tembus 30 Juta Per Februari 2023. Diambil kembali dari Bisnis Indonesia: bisnisindonesia.id/article/pengguna-qris-tembus-30-juta-per-februari-2023

Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, dan Persepsi Risiko terhadap Minat menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang). E-Jurnal Akuntansi, 1-9.

Putri, A. N. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Resiko, Manfaat Dan Pendapatan Terhadap Minat Penggunaan E-Payment Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Putri, M. T. (2023). Analisis Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Gaya Hidup, Literasi Keuangan, dan Risiko Terhadap Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Digital Pada Mahasiswa di Yogyakarta. Skripsi.

Raharjo, B. (2021). Fintech: Teknologi Finansial. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Rahmayanti, S., Ramadhani, A., & Sihaloho, J. E. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesian Standard QRIS Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17 (2): 287-297.

Rini, R. P. (2023, Juni 28). Pedagang di Kantin Karyawan Terbantu dengan Kehadiran QRIS. Diambil kembali dari:

www.tribunnews.com/bisnis/2023/06/28/pedagang-di-kantin-karyawan-terbantu-dengan-kehadiran-qris

Saputri, O. B. (2020). Preferensi KOnsumen Dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran Digital. Journal FEB UNMUL Vol. 17 No. 2.

Sati, R. A., & Ramaditya, M. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E Money. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1-20.

Shiffman, & Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Siregar, D. S. (2021). Determinan minat menggunakan Quick Response Indonesians Standard (QRIS). SKRIPSI.

Siregar, S. (2013). Statistika Paramettrik untuk Penelitian Kuantitatif: dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.

Suresh, A. M., & Shashikala, R. (2011). Identifying Factors of Consumer Perceived Risk towards Online Shopping in India. International Conference on Information and Financial Engineering, IPEDR, Vol. 12.

Syahidah. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan E-Money yang Dimoderasi Dengan Kepercayaan (Studi Empiris pada Pengguna E-Money di Bank Umum Kota Magelang). Skripsi. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

tirto.id. (2023, Juli 11). Transaksi Pakai QRIS Kena Biaya Admin Bikin Pedagang Meringis. Diambil kembali dari https://tirto.id/transaksi-pakai-qris-kena-biaya-admin-bikin-pedagang-meringis-gMRM

Ulurrosyad, M. F., & Jayanto, P. Y. (2020). Faktor-Faktor Dalam Menggunakan E-Money (Gopay) pada Masyarakat Muslim di Kota Semarang. Moneter: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume 7 No. 1.

Untari, P. H. (2023, Maret 22). Prospek Industri Fintech 2023 Diperkirakan Cerah, Ini Alasannya.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 27(3), 425-478.

Wasti, S. (2013). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 2(1).

Wati, S. E. (2020). Pengaruh Penggunaan Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Wedhantha, P. M. (2016). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Pemakaian dan Kompetensi Auditor pada Keberhasilan Penerapan Teknik Audit Berbantu Komputer. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14 (1): 398-424.

Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah (Konsep,Strategi, dan Implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yognanda, A. S., & Dirgantara, I. B. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Persepsi Risiko terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal Of Management, 6 (4): 1-7.

Yuniati, I. (2023). Sejumlah Transaksi QRIS Bermasalah, Ini Saran Direktur BCA.

Zada, C., & Sopiana, Y. (2021). Pengguna E-Wallet atau Dompet Digital sebagai Alat Transaksi Pengganti Uang Tunai Bagi UMKM di Kecamatan Banjarmasin Tengah. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan Vol. 4 No.1, 251-254.

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles