PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI TERHADAP PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) PADA DESA LABULU-BULU KECAMATAN PARIGI KABUPATEN MUNA

Authors

  • Yuli Lestari Labangu Universitas Halu Oleo
  • La Ode Anto Universitas Halu Oleo
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Halu Oleo

Keywords:

Akuntabilitas, Tata Kelola (ADD), Transparansi

Abstract

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan Akuntabilitas Dan Transparansi secara simultan dan parsial Terhadap Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Pada Desa Labulu-Bulu Kecamatan Parigi Kabupaten Muna, jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel mengunakan sensus sampling dengan jumlah sampel 30 orang. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diukur dengan skala ordinal. Metode Analisis data adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa akuntabilitas dan transparansi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan alokasi dana  desa. Secara parsial akuntabilitas dan transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan alokasi dana desa. Kesimpulan penelitian ini adalah semakin tinggi sikap akuntabilitas dan transparansi suatu pemerintah desa, maka semakin baik pengelolaan alokasi dana desa dan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan, sehingga mewujudkan pengelolaan alokasi dana desa yang transparan dan akuntabel.

Author Biography

Yuli Lestari Labangu, Universitas Halu Oleo

Jurusan Akutansi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Halu Oleo

References

Agustiana, V. (2020). Ppengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Pengelolaan Keuangan Alokasi Dana Desa pada Desa Gunungbatu (Studi pada Desa Gunungbatu Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi): Akuntansi Pemerintahan. Jurnal Mahasiswa Akuntansi, 1(2), 88-108.

Andrianto, Nico. (2007). Transparansi Dan Akuntabilitas Public Melalui E-Government. Malang: Bayumedia Publishing.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian Dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asyik, N. F. (2019). Pengaruh Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Alokasi Dana Desa, Transparansi, dan Kebijakan Desa Terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 8(9).

Chandrarin, Grahita. (2017). Metode Riset Akuntansi Pendekatan Kuantitatif. Jakarta selatan: Selemba Empat.

Garung, C. Y., & Ga, L. L. (2020). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Add) Dalam Pencapaian Good Governance Pada Desa Manulea, Kecamatan Sasitamean, Kabupaten Malaka. Jurnal Akuntansi: Transparansi Dan Akuntabilitas, 8(1), 19-27.

Ghozali, Iman. (2016). Aplikasi Analisis Multivariante Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro. https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v28.i01.p06.

Hamid, A. (2016). Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Alokasi Dana Desa (ADD) Dalam Pencapaian Good Governance (Studi Empiris Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa) (Thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Kristianten. (2006). Transparansi Anggaran Pemerintah. Jakarta: Rineka Cipta.

Kumalasari, D., & Budiriharjo, I. (2016). Transparansi dan Akuntabilitas Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5 (11).

Mahmudi. (2016). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yakarta: UPP STIM YKPN.

Mardiasmo. (2018). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

Miftahuddin. (2018). Akuntabilitas dan Transparansi Pemerintah Desa terhadap Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus: Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul). Skripsi. DI. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Muindro. (2013). Akuntabilitas Sector Publik. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Nafidah, L. N., & Suryaningtyas, M. (2016). Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 3(1), 214-239.

Nusur, A. (2021). Penerapan Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Alokasi Dana Desa (Di Desa Tanete Kecamatan Tampobulu Kabupaten Gowa). Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Permendagri 20 Tahun 2018 pasal 1 ayat (5) tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Putra, I. M. Y. D., & Rasmini, N. K. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Partisipasi Masyarakat Pada Efektivitas Pengelolaan Dana Desa. E-Jurnal Akuntansi, 28(1), 132-158.

Putra, I. P. A. S., Sinarwati, N. K., & Wahyuni, M. A. (2017). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Bubunan, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2).

Ramadhani, N. S., & Yuliati, A. (2021). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Alokasi Dana Desa. Jurnal Proaksi, 8(2), 561-571.

Riyanto, L. A., Afifuddin, A., & Widodo, R. P. (2021). Akuntabilitas dan Transparansi Pemerintah Desa Terhadap Alokasi Dana Desa dalam Mewujudkan Good Governance (Studi Kasus di Kantor Pemerintah Desa Bendoroto, Kecamatan Munjungan). Respon Publik, 15(2), 29-39.

Saragih, I.A., & Mas’ut. (2019). Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa dalam Pembangunan Ekonomi Desa (Studi Kasus Desa Situmba Julu Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2 (18).

Sarjono, J. (2021). Pengaruh Good Governance terhadap Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Studi pada Desa Wewangriu Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur). Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Sugiyono.(2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2005). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Perss.

Ultafiab, W. (2017). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi dan Partisispasi terhadap Pengelolaan Dana Desa untuk Mewujudkan Good Governance pada Desa di Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Labat. Skripsi. Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang.

Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Widiyanti, A. (2017). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Studi pada Desa Sumberejo dan Desa Kandung di Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan). Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Downloads

Published

2022-11-09

Issue

Section

Articles