PENGARUH PERSEPSI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI

Authors

  • Erwin Hadisantoso Universitas Halu Oleo
  • Vina Olivia Pebrianti Universitas Halu Oleo
  • Patima Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/jakuho.v9i1.160

Keywords:

Analisis Persepsi, UMKM, Pengetahuan Akuntansi, Penggunaan Informasi Akuntansii

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh persepsi pelaku usaha mikro kecil dan   menengah dan pengetahuan akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi di Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling yang berjumlah 91 sampel pada UMKM di bidang kuliner yang ada di Kota Kendari. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan menggunakan metode kuantitatif. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi spss versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi pelaku usaha mikro kecil dan menengah berpengaruh  positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi khususnya sektor kuliner di Kota Kendari. (2) pengetahuan akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi khususnya sektor kuliner di Kota Kendari .(3) persepsi pelaku usaha mikro kecil dan menengah dan pengetahuan akuntansi berpengaruh secara simultan terhadap penggunaan informasi akuntansi.

References

Anggrayni, L. (2014). Menelusuri Persepsi Pelaku Usaha UMKM atas Penggunaan

Laporan Keuangan. Skripsi.Universitas Negeri Gorontolo.

Aufar, A. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi pada UMKM. Skripsi. Universitas Widyatama.

Baridwan, Z. (2000). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: BPFE.

Kieso D.. Weygandt J.. Warfield T. 2019. Intermediate Accounting. Seventeenth Edition.

Wiley. Inc. USA

Linawati, E., dan dan Restuti, M.M.D. (2015). Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atas Penggunaan Informasi Akuntansi. Jurnal. Vol 2 No 1. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Lubis, A.I, dan Prianthara, Teddy, I.B.(2011). Akuntansi untuk Manajer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lubis, A.I, dan Prianthara, Teddy, I.B.(2013). Akuntansi untuk Manajer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Reeve, J.M. dkk. (2011). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Munawir, S., M., M., Akuntan. (2002). Akuntansi keuangan danManajemen.Yogyakarta: BPFE.

Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba, 2015

Reeve, J.M. dkk. (2011). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, R.N., dan Setyawan, A.B. (2012). Persepsi Pemilik dan Pengatahuan Akuntansi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah atas Penggunaan Informasi Akuntansi. Jurnal. Universitas Gunadarma.

setyaningrum; Destiana; Wiratno, Adi; Sukirman. 2014. Pengaruh Pendidikan Pemilik, Pengetahuan Akuntansi Pemilik, Budaya Perusahaan, Dan Umur Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UKM Dengan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Terhadap UKM Yang Menghasilkan Produk Unggulan Di Kabupaten Banyumas). Journal & Proceeding Universitas Jenderal Sudirman , Vol. 4 No.1.

Sitorus, Henrianto, Djosua, Saut. 2017. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Pengetahuan Tentang Akuntansi terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada Pedagang di Wilayah Kelurahan Helvetia Tengah Medan. Jurnal Magister Akuntansi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sitorus, Saut Djosua Henrianto, 2017, Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Pengetahuan Tentang Akuntansi Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pedagang Di Wilayah Kelurahan Helvetia Tengah Medan,

AtTawassuth, Vol. II, No.2, 2017: 413-436

Sobur, A. 2013. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia. Soemarso. (2004). Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat

Warsono, S., dkk. (2010). Akuntansi UMKM. Asgard Chapter

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles