ANALISIS STUDI KELAYAKAN BERDASARKAN ASPEK KEUANGAN USAHATANI MERICA

Authors

  • Andi Basru Wawo Universitas Halu Oleo
  • Andi Muhammad Fuad Ramadhan Universitas Halu Oleo
  • Nurul Utami Aulia

DOI:

https://doi.org/10.33772/jakuho.v9i1.156

Keywords:

Studi Kelayakan, Usahatani, Merica

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendapatan usahatani merica dapat memberikan pendapatan yang maksimal dan apakah usahatani merica layak di Desa Puncak Monapa. Penelitian ini dilakukan di Desa Puncak Monapa, dengan responden petani. Pengambilan sampel dilakukan secara sengaja (purposive). Data yang digunakan adalah data primer yang di peroleh melalui wawancara dengan petani di Desa Puncak Monapa. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis pendapatan dan kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan pendapatan yang dihasilkan sebesar Rp 4.504.524 dan kelayakan NPV sebesar 723.771, IRR sebesar 26%, dan BEP produksi sebesar 454 dan BEP harga sebesar Rp 287.339. Usahatani di Desa Puncak Monapa Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara layak dijalankan dan dikembangkan.

References

Badan Pusat Statistik. 2011. Statistik Daerah Kecamatan Tangen 2011. BPS: Kab.Sragen

Giantman. 2017. Ekonomi Teknik Edisi ke - 5. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Hartono, Jogiyanto. 2005. Analisis dan Design Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Edisi:III. Yogyakarta Andi offse

Husnan. Muhammad. (2005). Studi Kelayakan Proyek. Yogyakarta: Unit Penerbit Dan Percetakan Jogjakarta.

Ibrahim. 2014. Study Kelayakan Bisnis. Pt. Rineka Cipta. Jakarta.Xi,249 Hlm.: Ilus. ;24 C.

Investopedia. (2017). Feasibility Study. Retrieved from https://www.investopedia.com/terms/f/feasibility-study.asp

Kadasiah, 2000. Evaluasi Proyek Analisis Ekonomi Lembaga Penelitian Fakultas Ekonomi. Ui.

Kasmir, 2003. Study Kelayakan Bisnis. Rineka Cipta. Jakatra.

Ramadhan, Effendi, Dance Tangkesalu. 2021. Analasisis Pendapatan Dan Kelayakan Usahatani Nilam Di Desa Tolele Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigo Mouton. Jurnal Agrotekbis.

Samiati. 2021. Analisis Studi Kelayakan Pendirian Usaha Kacang Tanah Di Desa Kancilata Kecamatan Bone Kabupaten Muna. Kendari: Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Halu Oleo

Sari, Risca Fara Midta, Femriarti Erry Prasmatiwi, Zainal Abiding. 2020. Analisis Finansial Pengembangan Usaha Tani Lada Di Kecataman Abung Tengan Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Riset Ilmu Agrebisnis.

Sidabutar, M. Denty, Carla F. kairupan, Meilany Durry. 2016. Pengaruh pemberian ekstrak daun cengkeh (Syzygium aromaticum) terhadap gambaran histopatologik hati tikus wistar yang diberikan parasetamol dosis toksik. Volume 4. PAAI (Perhimpunan Ahli Anatomi Indonesia).

Soekartawi, Dkk 2006. Analisis Usahatani. Jakarta. Universitas Indonesia.

Sujarwo. Anton. 2019. Analisis Kelayakan Usaha Tani Pembibitan Lada Perdu (Piper Nigrum L). Medan: Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Suratiyah, Ken. 2015. Ilmu Usahatani Edisi Revisi. Jakarta: Penerbangan Swadaya. 156 Hal.

Wafikah, Ummul. 2018. Analisis Pengaruh Tenaga Kerja Dan Luas Lahan Terhadap Pendapatan Petani Merica Di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Makassar: Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Bulukumba. Makassar: Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Published

2024-06-26

Issue

Section

Articles