ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA SEKTOR AGRIKULTUR BERBASIS PSAK 69 DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL

Authors

  • Nitri Mirosea Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Aswati Universitas Halu Oleo
  • Indra Wati

DOI:

https://doi.org/10.33772/jakuho.v9i1.154

Keywords:

Harga Pokok Produksi, Variable Costing, Harga Jual, Usaha Karamba

Abstract

Usaha karamba baik untuk dikembangkan mengingat besarnya potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Wakatobi, namun usaha ini kurang diminati oleh masyarakat karena biaya yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha ini sangat besar dan resiko yang dihadapi tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penentuan harga pokok produksi menggunakan metode variable costing dalam menentukan harga jual pada usaha karamba Padallean. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan harga pokok produksi oleh usaha karamba Padallean lebih tinggi di bandingkan menggunakan metode variable costing. Usaha ini menentukan harga jual menggunakan harga pasar dan belum menggunakan metode perhitungan harga jual cost plus pricing.

References

Dewan Standar Akuntansi keuangan Ikatan Akuntan Indonesia. 2020. Draf Eksposur PSAK 69 Agrikultur, Penyesuaian Tahunan 2020. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi keuangan Ikatan Akuntan Indonesia.

Hasendan Mowen. 2009. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Selemba Empat.

Igen Mayesa dkk. 2020. Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Variabel Costing untuk Menentukan Harga Jual Produk Pakan Ayam PT. Charoen Pokphan Indonesia Kab. Cirebon. Jurnal Manajemen, Volume 15 (2): 46-53.

Kotler, Philip. dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi keduabelas, cetakan ketiga. Jakarta: PT. Indeks.

Lasena, Sitty Rahmi. (2018). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi pada PT. Dimembe Nyiur Agripro. Jurnal Akuntansi, vol. 1 (3): 585-592

Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Edisi kelima cetakan kesebelas. Yogyakrta: UPP STIM YKPN.

S.R, Soemarso. 2005.Akuntansi Suatu Pengantar. Edisikelima. Jakarta: Salemba Empat.

Tandi, Mariana dan Dambe, Nemba Daniel. 2022. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing dan Variable Costing pada Usaha Penjahit Dewanta. Jurnal Ulet, volume 6 (1): 58-75.

Downloads

Published

2024-06-26

Issue

Section

Articles