PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE (Studi Empiris Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Halu Oleo)

Authors

  • La Ode Anto Universitas Halu Oleo
  • Satira Yusuf Universitas Halu Oleo
  • Elvi Rezki Andari Universitas Halu Oleo

Keywords:

E-commerce, Keputusan Pembelian, Harga, Kualitas Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian di e-commerce pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Halu Oleo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian adalah mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2018-2021 yang berjumlah 94 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hipotesis diuji dengan analisis data berupa analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi software IBM SPSS Statistic Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh secara postif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di e-commerce, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di e-commerce. Secara simultan harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian di e-commerce dengan koefisien determinasi yakni 56,7%, sedangkan 43,3% lainnya disebabkan oleh beberapa faktor lain yang tidak dianalisa.

References

Akrim Ashal Lubis. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16(2).

Andriyani, Y., & Zulkarnaean, w. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103.

Ardista, R., & Soliha, E. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Lokasi, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 15(2), 1-13.

Bank Indonesia. (2021). Transaksi E-commerce, 2017-2021 (Online), (https://lokadata.id/data/transaksi-e-commerce-2017-2021-1617945737) diakses 03 November 2021.

Fandi, Tjiptono. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.

Frans Abadi Cysara. (2015). Indikator Keputusan Pembelian Hal 9 (Online),(https://repo.darmajaya.ac.id/1238/5/BAB%2011.pdf) diakses 22 April 2022.

Giovanni. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran, 3(2), 12-22.

Horngren, Charles T., Foster, George., & Datar, Srinkant M. (2003). Cost Accounting: A Managerial Emphasis, 11th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Ipan Hilmawan. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Ekonomi Bidang Manajemen dan Akuntansi, 3(3).

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2012). Harga (Online), (https://kbbi.web.id/harga) diakses 21 April 2022.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2012). Produk (Online), (https://kbbi.web.id/produk) diakses 22 April 2022.

Otoritas Jasa Keuangan. (2013). Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan (Online), (https://www.ojk.go.id/en/regulasi/otoritas-jasa-keuangan/peraturan-ojk/Documents/958.pdf) diakses 21 April 2022.

Puspitawati, Lilis. (2021). Sistem Informasi Akuntansi. Bandung : Rekayasa Sains.

Ratna Dwi Jayanti. (2015). Pengaruh Harga dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Harapan Maulina Hijab Jombang). Jurnal EKSIS, 10(1).

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2018). Accounting Information Systems (14th editi). Pearson Education, Inc.

Sarini Kodu. (2013). Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA, 1(3), 1251-1259.

Solomon. (2009). E-commerce. Jakarta: PT. Gramedia.

Stanton J, William. (2010). Prinsip Pemasaran, Penyadur Y. Lamarto, Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Winny Lian Seventeen. (2021). Pengaruh Periklanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di E-commerce. Jurnal Akuntansi UNIHAZ:JAZ, 4(1).

Downloads

Published

2022-11-09

Issue

Section

Articles