EVALUASI SISTEM DAN PROSEDUR AKUNTANSI PENGELUARAN KAS BELANJA LANGSUNG STUDI PADA SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN BUTON TENGAH

Authors

  • Muntu Abdullah Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Aswati Universitas Halu Oleo
  • Fahrani Rahmasuci

DOI:

https://doi.org/10.33772/jakuho.v9i1.147

Keywords:

Sistem dan Prosedur, Pengeluaran Kas, Belanja LS (Langsung)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem dan prosedur akuntansi pengeluaran kas belanja langsung pada Sekretariat DPRD Kabupaten Buton Tengah dan kesesuaiannya dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan sistem akuntansi telah terkomputerisasi dengan menggunakan Financial Management Information System (FMIS) untuk melaksanakan prosedur yang terdiri dari Penerbitan SPD, Pengajuan SPP-LS, Pengajuan SPM-LS dan Penerbitan SP2D-LS. Pelaksanaan sistem dan prosedur akuntansi pengeluaran kas belanja langsung secara umum telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020. Namun, kedua aturan tersebut masih belum dapat diterapkan secara keseluruhan, khususnya pada penggunaan atau peruntukan mekanisme LS untuk membiayai belanja perjalanan dinas dan belanja honorarium pengelola keuangan karena keterbatasan jumlah UP.

References

Agustin, Riris. 2021. Sistem Akuntansi Pengeluaran Kas Pada Kantor Camat Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Hukum, Administrasi Negara, Perbankan Syariah, Akuntansi, (59):649. DOI: https://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/

PERAK/article/download/1750/1304.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Buletin Teknis Standar Akuntansi Pemerintahan Nomor 14 tentang Akuntansi Kas. 2014. Diakses dari https://www.ksap.org/sap/buletin-teknis-sap/.

Chandrarin, Grahita. 2017. Metode Riset Akuntansi Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Salemba Empat.

Fadilah, Nur. 2021. Evaluasi Sistem dan Prosedur Akuntansi Pengeluaran Kas Belanja Langsung Pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar). Diakses dari https://digilibadmin.unismuh.ac.id/.

Golda, Roni, Meir Hutahaean, dan Edi Winata. 2020. Analisis Penerapan Sistem dan Prosedur Pengeluaran Kas pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan. Jurnal Studi Manajemen, 2 (2), 71–77. DOI: http://journals.synthesispublication.org/index.php/civitas.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id.

Said, Meliana, Imam Nazarudin Latif, dan Ida Rachmawati. 2021. “Evaluasi Pelaksanaan Sistem Dan Prosedur Pengelolaan Pengeluaran Kas Terhadap Uang Persediaan (UP) Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur.” Ekonomia 10 (2), (77). DOI: hhttp://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/EKM/article/view/5730/pdf

Singgima, Fibrian, dan Pinatik Sheril. 2016. Evaluasi Prosedur Pengeluaran Kas Belanja Langsung pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (EMBA) 4 (1), 723-731. DOI: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/11775

Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Pernyataan Nomor 01. 2008. Diakses dari https://bppkad.surakarta.go.id.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

unyoto, Danang. 2016. Metode Penelitian Akuntansi. Bandung: Rineka Cipta.

Suryanovi, Sri. 2010. Sistem Dan Prosedur Akuntansi. Jakarta: Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Pusdiklat Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan. Diakses dari https://elib.unikom.ac.id/download.php?id=264936

Susanto, Azhar. 2017. Sistem Informasi Akuntansi. Vol. 3. Perdana. Bandung: Lingga Jaya.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id.

Downloads

Published

2024-06-26

Issue

Section

Articles