PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN BISNIS BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL (UMK) DI KOTA KENDARI

Authors

  • La Ode Anto Universitas Halu Oleo
  • Yuli Lestari Labangu Universitas Halu Oleo
  • Putri

DOI:

https://doi.org/10.33772/jakuho.v9i1.141

Keywords:

Sistem Informasi Akuntansi, Pengambilan Keputusan Bisnis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh sistem informasi akuntansi terhadap pengambilan keputusan bisnis di Kota Kendari . Variabel pada penelitian ini terdiri dari sistem informasi akuntansi sebagai variabel independen, dan pengambilan keputusan bisnis sebagai variabel dependen. Penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling yang berjumlah 90 sampel pada UMK bidang kuliner yang ada di Kota Kendari. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan pendekakatan kuantitatif.   Metode analisis data regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi spps versi 25. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pengaruh sistem informasi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan bisnis khususnya pada bidang kuliner di Kota Kendari, artinya bahwa semakin baik penerapan sistem informasi akuntansi maka semakin baik dalam pengambilan keputusan bisnis.

References

Alexsandra dan Edi Purwanto(2015)‘’pengaruh faktor-faktor eksternal dan internal terhadap kinerja usaha kecil dan menengah dijakarta’’ Bussines Managemen Jurnal Vol 11 No 1 Maret 2015

Alwizra, A. H. F., & Kurniawan, M. E. (2020). Manajemen Pengambilan

Keputusan. Jurnal Menata: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 96-

Anggara, S. K., & Wibowo, R. Y. C. (2018). Pengaruh informasi akuntansi terhadap keberhasilan usaha kecil dan menengah studi pada ukm pengrajin kulit di bantul. Jurnal REKSA: Rekayasa Keuangan, Syariah dan Audit,

(2), 190-212.

Arya Bee Grand Christian dan Maria Rio Rita (2016) ‘’Peran Penggunaan Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Menunjang Keberhasilan Usaha’’ Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Jurnal EBBANK Vol. 7, No. 2, Desember 2016

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

George, R, Terry, Leslie W. Rue. 2003. Dasar-Dasar Manejemen. Jakarta : PT.

Bumi Aksara.

Hasan, Iqbal. (2004). Pokok-pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Haris, R. A., & Puspaningrum, I. I. (2016). Strategi Pembinaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Sumenep. Public Corner, 9(1).

Mauliansyah, T. I. R., & Saputra, M. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem

Informasi Akuntansi (Sia) Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris

Pada Umkm Di Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi

Akuntansi, 4(4), 602-612.

Mukhtadi, M., & Rizki, M. (2018). Strategi Pengambilan Keputusan Dalam Pemecahan Masalah (Studi Kasus Pada Bank XYZ Cabang Tajur Halang Cianjur Jawa Barat). JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 3(1).

Nengsy, H. (2018). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Penggunaan Teknologi Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Manajerial pada Perbankan di Tembilahan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1).

Ningsih, S., & Afriansyah, H. (2019). Pendekatan Terhadap Pengambilan

Keputusan.

Suryantini, L. P. (2020). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Penggunaan Informasi Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Modal Pinjaman terhadap Kinerja UMKM di Kecamatan Buleleng (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Sugiarto, Eko. (2017). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif : Skripsi dan

Tesis. Yogyakarta : Suaka Media

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung

:Alfabeta,CV.

Susanto, Azhar. 2017. Sistem Informasi Akuntansi. Cetakan Pertama. Lingga Jaya.

Bandung.

Umar, M. N. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Manajerial (Study Kasus pada Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) di Kabupaten Pidie). Jurnal Real Riset, 1(1).

Wulandari, W., Maslichah, M., & Sudaryanti, D. (2020). Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada Pengambilan Keputusan dalam Berwirausaha di Sanggam Mart Kabupaten Balangan. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 9(04).

Yousida, I., & Lestari, T. (2019). Penerapan Sistem Informasi Akuntansi pada UKM (Avankreasi Sasirangan di Banjarmasin). Jurnal Riset Akuntansi Politala P-ISSN, 2, 69-78.

Zamzami, F., Nusa, N. D., & Faiz, I. A. (2021). Sistem Informasi Akuntansi.

UGM PRESS

Zulia Hanum (2013) ‘’Pengaruh Persepsi Pengusaha Kecil Atas Informasi Akuntansi Keuangan Terhadap Keberhasilan Perusahaan (Survei Pada Usaha-Usaha Kecil Di Kota Medan)’’ Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jurnal Riset Akuntansi Bisnis, ISSN :

-7597, vol n02 September 2013

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles