PENGARUH TRANSAKSI E-COMMERCE, PENGAWASAN PAJAK DAN PEMERIKSAAN PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK (KPP Pratama Kota Kendari)

Authors

  • Tuti Dharmawati Universitas Halu Oleo
  • Satira Yusuf Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Mustari i.A UHO

DOI:

https://doi.org/10.33772/jakuho.v9i1.139

Keywords:

E-Commerce , Pengawasan, Pengawasan Pajak , Pemeriksaan Pajak dan Penerimaan Pajak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruhe-commerce, pengawasan pajak, dan pemeriksaan pajak terhadap penerimaan pajak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan seluruh restoran di Kota Kendari yang berjumlah 314 restoran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah target sampling. Selain itu peneliti juga menggunakan rumus Slovin dalam menentukan sampel dalam penelitian sehingga diperoleh total 76 sampel untuk penelitian ini. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi berganda melalui software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce berpengaruh positif signifikan terhadap penerimaan pajak, pengawasan pajak berpengaruh positif signifikan terhadap penerimaan pajak, dan pemeriksaan pajak berpengaruh positif signifikan terhadap penerimaan pajak. Pengawasan dan pemeriksaan pajak secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap penerimaan pajak. Hal ini menunjukkan bahwa dengan meningkatnya e-commerce, pengawasan pajak, dan pemeriksaan pajak, maka penerimaan pajak juga akan terkena dampaknya sehingga mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

References

Afe, B. R., Lestari, E. P., Gunawan, D. S., Terbuka, U., & Soedirman, U. J. (2022). Attractive : Innovative Education Journal. 4(3).

Amir, A. N. F. B. (2019). Pengaruh Manfaat dan Kemudahan e-SPT Terhadap Peningkatan Pelaporan e-SPT Oleh Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama Bulukumba (Doctoral dissertation, FE).

Anthony, L., & Sama, H. (2021). Studı Kualıtatıf Mengenaı Faktor Penerımaan Aplıkası E-Commerce Shopee Dan Fıntech Shopeepay Bagı Masyarakat Senıor (Vol. 1, Issue 1). Https://Journal.Uib.Ac.Id/Index.Php/Combines

Dharmawati, T., & Emil Safitri, N. (2021). The Role Of Accounting Information Systems In Improving Business On Some Micro, Small And Medium Enterprises (Msmes) In Kendari, Indonesia. In PJAEE (Vol. 18, Issue 4).

Mispa, S. (2019). Pengaruh Self Assessment System Dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (Ppn) Pada Kantor Pelayanan Pajak (Kpp) Pratama Makassar Selatan. Tangible Journal, 4(1), 162–180. Https://Doi.Org/10.47221/Tangible.V4i1.44

Nasution, I. S., & Lubis, A. W. (2022). Pengaruh Pemeriksaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pada Kpp Pratama Rantau Prapat. Journal Analytica Islamica, 11(1), 1–10.

Putu, L., Ristyani, Y., Ayu, G., Rencana, K., & Dewi, S. (2021). History: Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Pengawasan Account Representative, Sosialisasi Perpajakan, Dan Penerapan E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Masa Pandemi Covid-19. Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V3i2

Yap, M., & Mulyani, S. D. (2022). Pengaruh Pelayanan, Pengawasan Dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Yang Dimoderasi Digitalisasi Administrasi Perpajakan. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, 9(1), 37–54. Https://Doi.Org/10.25105/Jmat.V9i1.10573

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles