Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Solvabilitas terhadap Return Saham pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Penulis

  • Emillia Nurdin Jurusan Akuntansi FEB, UHO
  • Tuti Dharmawati Universitas Halu Oleo
  • Alima Fitriyani Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/jak.v8i2.120

Kata Kunci:

Profitabilitas, Solvabilitas, Return Saham

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Rasio Profitabilitas dan Solvabilitas terhadap Return Saham. Populasi dalam penelitian  ini adalah perusahaan Food and Baverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017- 2021 sebanyak 26 perusahaan. Sampel yang diperoleh sebanyak 14 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan analisis data yang digunakan berupa analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi software IBM SPSS Statistic Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Profitabilitas yang diukur dengan menggunakan ROA berpengaruh terhadap Return Saham (2) Solvabilitas yang diukur dengan menggunakan DER berpengaruh terhadap Return Saham (3) Profitabilitas dan Solvabilitas secara simultan berpengaruh terhadap Return Saham.

Referensi

Arista, and Astohar. 2013. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return Saham (Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public Di BEI Periode Tahun 2005-2009).” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan 3.

Dani Permana Putra, Widya Susanti, Juliani Pudjowati. 2016. “Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Dan Solvabilitas Terhadap Return Saham Perusahaan Food and Baverages Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Akuntansi 2(4):160–76.

Donald E, Kieso, Weygandt Jerry J, Warfield Terry D. 2017. Akuntansi Keuangan Menengah. Jakarta: Salemba Empat.

Dwi, Martani Dkk. 2017. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis IFRS. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. 9th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitman, Lawrence J. dan Chad J. Zutter. 2015. Principles of Managerial Finance. 14th Edition. Global Edi. Pearson Education Limited.

Harahap, Sofyan Syafri. 2018. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hery. 2018. Analisis Laporan Keuangan. 3rd ed. Jakarta: PT Grasindo.

Jogiyanto Hartono. 2017. Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. 11th ed. Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. 2019. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurdin, Emillia. 2021. E-book Langsung Praktik Regresi Sederhana dan Berganda dengan SPSS (Untuk Penelitian Akuntansi). Yudha English Gallery.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&B. Bandung: Alvabeta CV.

Tandelilin, Eduardus. 2017. Pasar Modal: Manajemen Portofolio Dan Investasi. Yogyakarta: Kanisius.

Diterbitkan

2023-10-31

Terbitan

Bagian

Articles