PENGARUH PENGGUNAAN DOMPET ELEKTRONIK SEBAGAI ALAT TRANSAKSI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA

Penulis

  • Andi Basru Wawo Universitas Halu Oleo
  • Safaruddin Safaruddin Universitas Halu Oleo
  • Nurul Qalbi Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.33772/jak.v8i2.101

Kata Kunci:

dompet elektronik, perilaku konsumtif, pembayaran elektronik

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis dampak penggunaan dompet elektronik terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode teknik purposive sampling untuk memilih responden. Populasi yang digunakan penelitian ini ialah mahasiswa aktif Jurusan Akuntansi Universitas Haluoleo sebanyak 1075 orang. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 91 Mahasiswa Akuntansi Universitas Halu Oleo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Dengan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana melalui bantuan program IBM SPSS Statistics versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penggunaan dompet elektronik berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univesitas Halu Oleo karena adanya kemudahan pengguna dan perilaku konnsumtif yang disebabkan dalam penggunaan dompet elektronik adalah kurang mempertimbangkan fungsi atau kegunaan barang atau jasa, memprioritaskan keinginan daripada kebutuhan, mengkonsumsi barang atau jasa secara berlebihan serta tidak ada skala prioritas.

Referensi

Afiyah, R. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Tadris IPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Skripsi.

Bank Indonesia. (2023). Retrieved From https://www.bi.go.id/

Davis, F. (2009). Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And User Acceptance Of Information Technology. Mis Qauarterly. Vol 13 No 3 : 318-339.

Dikria, Okky, & Mintarti, S. U. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pendidikan Ekonomi.

Froom. (2008). The Sane Society. British: Library Cataloguing In Publication Data.

Genady, D. I. (2018). Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, Dan Promosi Uang Elektronik Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Di Masyarakat (Studi Kasus Di Probindi DKI Jakarta). Skripsi.

Hamilton, & Dkk (2005). Wasteful Consumption In Australia. Retrieved From (http://www.yooyahcloud.com/mosscommunications/ntqhdb/the_australia_institute_wasteful_consumption_in_australia.pdf)

Insana, D. R. M., & Johan, R. S.. (2021). Analisis Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, Vol 7, No 2.

James, E. (1994). Pengertian Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Nielsen, & Juniarti, R. P. (2016). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Mobile Payment; Sebuah Review Literature. Universitas Negeri Surabaya. Jurnal.

Pram. (2016). Layanan E- Payment Bakal Marak Di Indonesia. Retrieved From (http://www.beritabethel.com/artikel/detail/892)

Salwa. (2019). Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Skripsi.

Sari, A. N., Malik, Z. A., & Hidayat, Y. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik (E- MONEY) Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal.

Sembiring, A. (2008). Budaya Konsumerisme. Retrieved From (www.wattpad.com/3104044- buku-konsumer-karya-amstrong-sembiring.)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumartono. (2002). Terperangkap Dalam Iklan; Menoropong Imbas Pesan Iklan. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tambunan, R. (2001). Remaja Dan Perilaku Konsumtif. Retrieved From Jurnal Psikologi dan Masyarakat: (http//:www. e-psikologi.com/ remaja/ 191101.htm)

Wijaya, & Mulyana. (2018). Perancangan E Payment System Pada E Wallet Menggunakan Kode QR Berbasis Android. Jurnal Sistem Komputer, Vol 7 No 2.

Wijayanti. (2020). Minat Generasi Milenial Terhadap Produk Pembiayaan KPR Bank Syariah . Jurnal Pendidikan, Vol 7 No 2.

Diterbitkan

2023-10-27

Terbitan

Bagian

Articles