PENGARUH SIKAP MENTAL BERWIRAUSAHA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA BISNIS PEDAGANG KIOS PASAR WAMEO KOTA BAUBAU

Authors

  • Muntu Abdullah Universitas Halu Oleo
  • Ika Maya Sari Universitas Halu Oleo
  • Indah Sadiran universitas Halu Oleo

Keywords:

Kinerja Bisnis, Motivasi, Sikap Mental Berwirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sikap mental berwirausaha dan motivasi terhadap kinerja bisnis pedagang kios di Pasar Wameo Kota Baubau. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 pedagang yang berjualan di kios Pasar Wameo Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan Teknik pengambilan sampel dengan metode cluster sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software IBM SPSS V22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sikap mental berwirausaha secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis pedagang kios pasar Wameo Kota Baubau. (2) Motivasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis pedagang kios pasar Wameo Kota Baubau. (3) Sikap mental berwirausaha dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis pedagang kios pasar Wameo Kota Baubau. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan adanya sikap mental berwirausaha yang baik seperti tanggung jawab, selalu dinamis, ulet dan gigih, berani menerima kritik saran yang bermanfaat, berinisiatif untuk maju melakukan yang terbaik dan pantang menyerah serta adanya motivasi dalam berwirausaha untuk memperoleh laba, kebebasan, impian personal dan kemandirian maka akan meningkatkan kinerja bisnis pedagang di Pasar Wameo Kota Baubau.

References

Aini, Nurul dan Widyarfendhi. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 2(2).

Aliyah, I. (2020). Pasar Tradisional: Kebertahanan Pasar dalam Konstelasi Kota. Yayasan Kita Menulis.

A. Muri Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Anggika A.P. (2019). Pengaruh Creative Intelligence dan Kinerja Bisnis Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Caffe di Wilayah Medan Baru. (Skripsi, Universitas Sumatra Utara)

A. Rusdiana. (2013). Pengaruh Motivasi Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha. (Skripsi)

Farida, E., & Widayanti, R. (2015). Analisis Pengaruh Motivasi, Kemampuan Kerja dan Jiwa Wirausaha terhadap Keberhasilan Usaha pada Sentra Kripik Tempe Sanan Malang. Akuntansi Bisnis & Manajemen (ABM), 22(1), 50-59.

Nasution, Harris Pinaraga. (2018). Pengaruh Sikap dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Program Mahasiswa Politeknik Negeri Medan). (Skripsi, Politeknik Negeri Medan).

Paramitasari, F. (2016). Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan PengetahuanKewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Bantul. (Skripsi. Yogyakarta: UNY).

Pujiastuti, P. (2018). Jiwa Kewirausahaan Dan Motivasi Usaha Pengaruhnya Terhadap Kinerja Usaha Studi Pelaku Usaha Sentra Topi Cigondewah Bandung (Thesis Diploma, Universitas Komputer Indonesia).

Putranto, Alam adrian (2017). Pengaruh Pengalaman, Motivasi dan Mental Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Industri Sandal dan Sepatu di Wedoro. (Skripsi).

Putri, Mediany Kriseka, et all. (2020). Pengaruh Motivasi dan Hambatan Terhadap Kinerja Berwirausaha Bagi Pengusaha Wanita (Studi Pada Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Bandung Barat). (Skripsi).

Prihantoro, W. S. G., & Hadi, S. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha dan Lingkungan Keluarga Terhadap Sikap Mental Kewirausahaan. Economic education analysis journal, 5(2), 705-705.

Ristanti, Reza. (2014). Pengaruh Pengalaman, Motivasi dan Mental Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Laundry di Kecamatan Sedati, Siduarjo. (Skipsi)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, kombinasi dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Suryana. (2019). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat. Edisi ke 4

Setiadi, Nugroho J. (2010). Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.

Solimun, Adji A. R. Fernandes, Nurjannah. (2017). Pemodelan Persamaan Strukturan (SEM) Pendekatan Warp PLS. Malang: UB Press.

Downloads

Published

2022-11-04

Issue

Section

Articles